Film Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar Kreatif

Raya and the Last Dragon, Film Animasi Disney Terinspirasi Cerita Mitos Indonesia

Indiekraf.com – Walt Disney Animation Studio telah resmi merilis trailer pertama dari film animasi Raya and the Last Dragon. Film yang direncanakan akan tayang pada bulan Maret 2021 ini memiliki cerita yang unik. Cerita dari film ini terinspirasi dari mitos di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Cerita Raya and the Last Dragon dimulai dari kehidupan seorang pejuang bernama Raya yang hidup di negeri Kumandra. Pada zaman dahulu kala, manusia dan naga hidup bersama secara harmonis. Kemudian, semua berubah ketika kekuatan jahat mengancam negeri itu. Para naga memutuskan untuk mengorbankan diri mereka sebagai upaya untuk menyelamatkan umat manusia.

Baca juga Selamat! Film Dokumenter asal Indonesia “You and I” Raih Penghargaan Internasional

500 tahun kemudian, kejahatan yang sama telah kembali. Untuk mengalahkan kejahatan tersebut, Raya harus melacak keberadaan naga terakhir yang legendaris untuk membantu memulihkan kerusakan dan orang-orang yang terpecah belah akibat kejahatan tersebut. Namun, di sepanjang perjalanannya mencari sanga naga, Raya belajar bahwa untuk menyelamatkan dunia, tak cukup bergantung kepada seekor naga, namun dibutuhkan juga kepercayaan dan kerja tim.

Baca juga Membanggakan! Film Karya Anak Bangsa Ini Menang Lagi di Ajang Internasional

Dikutip dari cnnindonesia.com, tim kreatif dari film Raya and the Last Dragon mengambil latar Indonesia, Thailand, dan Vietnam dalam melakukan riset untuk mengembangkan ceritanya. Film animasi ini ditulis oleh Adele Lim yang pernah menulis skenario dari fil Crazy Rich Asians. Pemilihan Lim sebagai penulis dilakukan Disney sebagai bentuk apresiasi kepada budaya setempat. Hal ini dikarenakan Lim merupakan penulis yang lahir dan besar di Asia Tenggara.

Bisa dibilang film Raya and the Last Dragon akan mengikuti jejak film Moana yang juga menceritakan kisah asli berdasarkan mitos dan budaya dari wilayah tertentu. Disutradarai oleh Don Hall dan Carlos López Estrada, film ini akan membawa cerita yang ‘fresh’ khususnya untuk masyarakat di Asia Tenggara.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Disney Rilis Gambar Perdana Film Animasi dari Mitos Indonesia

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button