Acara KreatifAplikasi Digital dan GameIndustri Kreatif

Roadmap Aplikasi dan Gim, Sebagai Panduan Menuju Malang Smart City

Indiekraf.com – Sebagai wujud komitmen Kota Malang sebagai Kota Kreatif dengan sub sektor andalan gim dan aplikasi, maka berbagai elemen pemangku kebijakan, mulai dari pemerintah, akademisi, pebisnis dan komunitas menyusun roadmap ekonomi kreatif dalam satu program besar Smart & Creative City.

Roadmap ini sendiri akan berfungsi sebagai petunjuk bagi para pemangku kebijakan, dalam mewujudkan Malang Smart City, yang mampu mengangkat berbagai sub sektor yang lain, sehingga tercipta pemerintahan dan masyarakat yang smart, serta ekonomi yang bertumbuh kembang.

BACA JUGA:

Adapun empat poin utama dalam roadmap ini adalah:

1. Tahap saat ini untuk Malang menuju kota Kreatif adalah menuju tahapan “development” dimana perlu menyiapkan infrastruktur dan pengembangan talent kreatif di Malang.

2. Kontribusi sektor aplikasi dan game untuk kolaborasi dengan subsektor lainnya dibutuhkan bentuk real dan aksi nyatanya. Sehingga telah dirumuskan tim formatur “Task Force” yang akan menindaklanjuti dan membuat KPI langkah konkrit untuk mengeksekusi roadmap subsektor apps dan games Kota Malang.

3. Malang Creative Center (MCC) direncanakan akan segera dibangun oleh Pemkot Malang dibawah naungan Dinas Perindustrian Kota Malang. Diharapkan bisa disinergikan dalam perencanaan konsep hingga implementasi dengan semua stakeholder industri kreatif.

4. Di tahun 2021, akan dimulai juga pembangunan coworking space di 5 kecamatan di kota Malang yang diharapkan bisa mengembangkan potensi kreatif di level masyarakat / kecamatan.

Berbagai program tersebut, saat ini memag sudah mulai berjalan. Meskipun beberapa diantaranya sempat tertunda karena pandemic Covid-19. Namun dengan semangat kebersamaan demi kemajuan Kota Malang dan masyarakatnya, berbagai rintangan yang ada tentu akan bisa dilewati.

Related Articles