Acara KreatifIndustri KreatifKabar KreatifMbois Media

Selamat! Desain Anggota ADGI Malang Terpilih Sebagai Maskot Event Indonesia di Event Internasional Ini

Indiekraf.com – Maskot dan logo event Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai telah resmi dirilis. Kota Malang harus berbangga karena maskot resmi event tersebut merupakan hasil karya dari Daru Redono, yang merupakan anggota dari Asosiasi Designer Grafis Indonesia Chapter Malang. Desain buatanya terpilih untuk mewakili Indonesia dalam salah satu World Expo terbesar yang ada di dunia.

Daru Redono saat menghadiri peresmian logo dan maskot Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai
Daru Redono saat menghadiri peresmian logo dan maskot Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai

Maskot Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai yang diberi nama “Panca” terinspirasi dari angka lima dari Pancasila dan lima elemen alam, yaitu api, tanah, logam, air, dan kayu. Panca adalah maskot duta Indonesia untuk luar negeri yang bertugas menjalin kerja sama dan berinovasi menyelesaikan isu global. Logo IDN di dada Panca merupakan tiga kata kode untuk Indonesia. Sedangkan, pola batik di tubuh Panca merupakan ciri khas negara Indonesia.

Desain Maskot Karya Daru Redono, Anggota ADGI Malang
Desain Maskot Karya Daru Redono, Anggota ADGI Malang

Baca juga Mahasiswa Malang Sukses Bikin Design Masker Tema Nusantara, Hasilnya Keren Banget!

Selain itu, terdapat pula Logo Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai yang merupakan hasil karya Budi Sriherlambang dari Universitas Bina Nusantara. Insipirasi logo berasal dari gugusan pulau yang membentang dari utara—selatan dan timur—barat, menyatu dalam negara kesatuan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Rancangan logotype terinspirasi dari keberagaman alam, flora, fauna, budaya, etnis, suku, dan potensi yang ada. Logotype ditampilkan menyambung menjadi satu dengan olah detail bentuk yang ramah dan modern.

Daru Redono saat presentasi maskot Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai pada bulan maret 2020
Daru Redono saat presentasi maskot Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai pada bulan maret 2020

Keduanya terpilih berdasarkan penjurian akhir dari lima finalis karya logo dan tiga finalis karya maskot Februari lalu. Perlombaan terbatas logo dan maskot itu sendiri diikuti oleh 30 logo dan 22 maskot yang dikirimkan oleh 17 desainer professional dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan 24 kampus anggota Asosiasi Program Studi DKV Indonesia.

Baca juga Kota Malang Kini Punya Situs Jual Beli Online untuk Produk UMKM Lho

Dewan juri Lomba Logo dan Maskot Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai diketuai perwakilan dari akademisi; mantan Rektor Institut Kesenian Jakarta Dr. Wagiono Sunarto, Msc; Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional atau Commisioner General Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai (dijabat Dody Edward saat itu); Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuana Rochma Astuti; perwakilan dari profesi desainer grafis Danton Sihombing; General Manager Corporate Communication PT Astra International Tbk sebagai perwakilan pihak sponsor Paviliun Indonesia Boy Kelana Soebroto; dan perwakilan dari praktisi Djojo Gozali.

Desain Maskot Karya Daru Redono, Anggota ADGI Malang (Foto via Facebook Kemendag)
Desain Maskot Karya Daru Redono, Anggota ADGI Malang (Foto via Facebook Kemendag)

World Expo adalah acara tertua dan terbesar di dunia yang digelar lima tahun sekali. Perhelatan paling bergengsi tingkat dunia ini selalu diikuti hampir semua negara untuk menampilkan potensi, inovasi, dan gagasan-gagasan untuk saling bekerja sama. Kini, World Expo menjadi upaya kolaboratif negara-negara di dunia dalam memecahkan masalah global. World Expo juga merupakan wadah untuk mendiskusikan tantangan global serta upaya mencari solusi dari perspektif bisnis, sains, dan budaya. Indonesia sudah beberapa kali berpartisipasi sejak 1964 di New York, Amerika Serikat.

Informasi terbaru seputar Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai dapat dilihat di situs resmi www.expo2020indonesia.id, Instagram @expo2020_indonesia, Facebook expo2020indonesia, Twitter @expo2020IDN, dan Youtube Expo2020 Indonesia.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button