Digital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifMbois Media

Kota Malang Kini Punya Situs Jual Beli Online untuk Produk UMKM Lho

Indiekraf.com – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Malang kini patut berbangga hati. Pasalnya, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) tengah mengupayakan pengembangan perekonomian kota Malang. Tak terelakkan, adanya pandemi COVID 19 membuat perekonomian dan banyak sektor lainnya menjadi lesu.

Saat ini Diskopindag juga sedang mengusahakan untuk bekerjasama dengan komunitas masyarakat untuk melakukan pemasaran berbagai produk UMKM secara daring. Hal itu dikonfirmasi oleh Kepala Diskopindag Kota Malang, Wahyu Setianto. “Ada 100 lebih produk dari para pelaku UMKM Kota Malang yang sudah siap diperjualbelikan lewat Malanggleerrr.com. Mulai dari makanan, kerajinan sampai dengan fesyen,” terang Wahyu.

Situs Malanggleerrr.com sendiri telah resmi diluncurkan pada Sabtu, 12 September 2020 yang lalu. Wahyu menjelaskan bahwa situs ini nantinya akan lebih banyak mengakomodir perihal produk-produk UMKM. Hal itu ia sampaikan karena siapa saja bisa mendaftarkan bahkan menjualkan produknya di situs ini. Bukan tanpa sebab, hal ini juga merupakan upaya pemasaran lantaran banyak pelaku UMKM yang produknya saat ini masih belum begitu dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga 5 Bakso Malang yang Wajib Kamu Coba!

Dalam situs tersebut memang sudah banyak pelaku UMKM yang turut memasang produk-produk buatannya. Beberapa produk kreatif diantaranya terbagi menjadi beberapa sektor. Dari sektor fesyen beberapa barang ditawarkan seperti masker yang sesuai dengan protokol kesehatan, dompet rajut, masker sulam handmade, dan daster handmade. Dari bidang jasa juga ada jasa seperti desain hantaran pernikahan. Sedangkan dari bidang kuliner ada produk seperti jamu kunyit asam, sari temulawak, bawang hitam tunggal dan lainnya.

“Jadi, sudah menjadi tugas kami Diskopindag bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan komunitas, agar produk-produk UMKM ini bisa dikenal oleh masyarakat” tuturnya. Pada pelaksanaannya, Wahyu menerangkan bahwa penerapan situs ini tidak akan memungut biaya administrasi. Hal itu juga sangat menguntungkan para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya tanpa mengeluarkan biaya tambahan. 

Wahyu juga menambahkan bahwa situs Malanggleerrr.com diharapkan akan menjadi situs yang murni untuk membantu proses pemasaran produk UMKM agar UMKM Malang bisa lebih dikenal lagi. “Kami berharap para pelaku UMKM kota Malang bisa semaksimal mungkin kesempatan ini mempromosikan sekaligus memasarkan produk-produk mereka” tambah Wahyu.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button