Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifReview Startup

Selamat! J&T Resmi Menjadi Startup Level Unicorn di Indonesia

Indiekraf.com – J&T Express berhasil menjadi startup dengan level unicorn di Indonesia. Valuasi mereka telah mencapai 7,8 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan 113,5 triliun rupiah. Dengan nilai ini, mereka resmi bergabung dengan startup lainya yaitu Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan OVO.

J&T Express resmi menjadi perusahaan dengan level unicorn berdasarkan laporan dari cbinsights.com. Mereka telah berhasil mengumpulkan daftar sekitar 600 perusahaan dengan level unicorn baru di seluruh dunia. Perusahaan unicorn, atau startup unicorn, adalah perusahaan swasta yang memiliki valuasi lebih dari $1 miliar.

Baca juga Selain Unicorn, inilah istilah-istilah level dalam Startup

Pada musim pandemi seperti sekarang, telah terjadi peningkatan jumlah belanja online di Indonesia. Hal ini tentunya juga menjadi sebuah ‘berkah’ kepada perusahaan jasa pengiriman dan kelogistikan seperti J&T Express. Selain itu, mereka juga mendapatkan suntikan modal dari beberapa investor besar yaitu Hillhouse Capital Management, Boyu Capital, dan Sequoia Capital China.

J&T Express pertama kali beroperasi di Indonesia pada tahun 2015. Mereka menghadirkan layanan pioner operasional 365 hari tanpa libur. Terus mencoba untuk berkembang lebih besar, pada tahun 2016, layanan pengiriman mereka sudah bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia tanpa pihak ketiga.

Baca juga Bukan Lagi Unicorn, Kini Grab Resmi Jadi Decacorn Pertama dari Asia Tenggara

Mencoba untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, J&T Express mencoba untuk melebarkan layanan mereka di bisnis online. Mereka bahkan berhasil menjadi brand pertama di Indonesia yang fokus pada bisnis online dengan meluncurkan ‘Express Your Online Business’ pada tahun 2017.

Perjuangan J&T Express menuaikan hasil yang luar biasa. Pada tahun 2018, mereka sukses meraih Top Brand Award 2018 dan berasil melebarkan sayapnya ke beberapa Negara Asia Tenggara yaitu Malaysia dan Vietnam. Tak berhenti disitu, tahun berikutnya, mereka kembali meraih penghargaan Go ASEAN Champion 2019 dan kembali berhasil membuka layanan mereka di Filipina, Thailand, Singapura, dan Kamboja. Namun, mereka harus tetap terus meningkatkan kreatifitas agar tetap bisa bersaing dengan para kompetitornya seperti JNE, TiKi, SiCepat, dsb.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] The Complete List Of Unicorn Companies

Related Articles