Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifMusik

Sempat Dihapus, Kini Lagu K-Pop Bisa Didengarkan Kembali di Spotify

Indiekraf.com – Pada awal bulan Maret lalu, Spotify tiba-tiba mengonfirmasi bahwa mereka telah menghapus ratusan lagu dari sejumlah artis K-Pop. Hal ini dilakukan karena perusahaan yang berbasis di Luxembourg tersebut belum memiliki kesepakatan bisnis dengan salah satu distributor lagu-lagu K-Pop yaitu Kakao Entertainment Corp.

Namun tidak berhenti begitu saja, pihak Spotify terus mencoba untuk memperbarui perjanjian lisensi dengan perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Pasalnya, para artis K-Pop tersebut sebelumnya telah memiliki lebih dari 345 juta pendengar di 170 negara.

Baca juga Berikut Ini List Lagu K-Pop yang Hilang dari Spotify!

Perjuangan Spotify pun akhirnya berbuah hasil, pada tanggal 11 Maret 2021 kemarin, mereka berhasil mencapai kesepakatan kontrak dengan Kakao Entertainment Corp. “Kami senang karena konten dan artis Kakao Entertainment Corp. telah kembali di Spotify, memberikan kesempatan kepada lebih dari 345 juta pendengar di 170 negara untuk kembali mendengarkan lagu yang mereka sukai,” ujar juru bicara Spotify dalam siaran pers (dikutip dari idntimes.com).

IU adalah salah satu penyanyi asal Korea Selatan yang terkena dampak penghapusan lagu di Spotify (Foto via Twitter @_IUofficial)
IU adalah salah satu penyanyi asal Korea Selatan yang terkena dampak penghapusan lagu di Spotify (Foto via Twitter @_IUofficial)

Mereka menambahkan bahwa tujuan utama Spotify adalah untuk membantu menghubungkan para musisi dan para penggemarnya di berbagai belahan dunia. “Kami juga merasa senang bahwa akhirnya pengguna Spotify dari Korea telah dapat menikmati lagu-lagu yang ada dalam platform kami. Kami akan selalu berkomitmen untuk membuat dampak positif dalam industri musik Korea melalui kerjasama kami dengan para musisi dan labels,” tambah mereka.

Kenapa Artis Korea Selatan Semakin Mendominasi Dunia Hiburan di Indonesia?

Pihak Kakao Entertainment Corp juga mengungkapkan hal yang senada. Mereka berharap masyarakat di dunia bisa menikmati musik K-Pop dengan mudah. “Melalui kemitraan yang beragam di seluruh dunia termasuk Spotify, Kakao Entertainment berharap para pencinta musik di seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses artisnya dan konten musiknya untuk menikmati lagu K-pop,” ujar mereka.

Dengan diumumkannya perjanjian baru tersebut, lagu-lagu K-Pop akan kembali bisa dinikmati melalui Spotify secara berangsur. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut menyampaikan akan terus bekomitmen terhadap pertumbuhan industri musik Korea Selatan. Selain itu, mereka juga akan terus melindungi hak-hak para musisi dan label mereka kedepanya.

Referensi

[1] Kakao Entertainment dan Spotify Akhirnya ‘Baikan’? Ini Faktanya!

Related Articles