Siksa Kubur Berhasil Susul Badarawuhi dengan Lebih dari Sejuta Penonton di Hari Ke-5 Tayang

Indiekraf.com – Film Siksa Kubur berhasil susul film Badarawuhi di Desa Penari dengan lebih dari sejuta penonton di hari ke-5 tayang. Informasi ini diunggah oleh official instagram siksakubur.movie pada 16 April 2024, 5 hari sejak ia pertama kali ditayangkan pada 11 April 2024. Kesuksesan Siksa Kubur ini berhasil menyusul Badarawuhi di Desa Penari yang mendapatkan lebih dari 1,6 juta penonton di hari ke-5 tayangnya.

Badarawuhi di Desa Penari

Badarawuhi di Desa Penari merupakan prekuel dari film horor yang sebelumnya sudah rilis, KKN di Desa Penari (2022). Disutradarai oleh Kimo Stamboel, Badarawuhi di Desa Penari mengisahkan tentang sekumpulan anak muda, Mila, Yuda, Jito, dan Roy, yang mengunjungi Desa Penari dengan tujuan mencari informasi tentang sosok penari berparas cantik.

Official poster film Badarawuhi di Desa Penari – sumber: kknmovie via Instagram

Namun, ternyata kedatangan anak-anak muda tersebut telah ditunggu oleh siluman berwujud wanita penari yang dikenal dengan nama Badarawuhi (diperankan oleh Aulia Sarah). Badarawuhi merupakan ratu penguasa roh Desa Penari, ia telah mengincar Mila untuk dijadikan dhawuh (penari desa). Tanpa sepengetahuan Mila, berbagai peristiwa mengantarkan dirinya menuju Badarawuhi.

Siksa Kubur 

Siksa Kubur merupakan film karya sutradara ternama, Joko Anwar. Film ini mengisahkan tentang Sita (diperankan oleh Faradina Mufti), yang tidak percaya dengan agama setelah kedua orang tuanya menjadi korban bom bunuh diri.

Sejak saat itu tujuan hidup Sita hanyalah untuk mencari orang paling berdosa dan ketika orang tersebut meninggal, Sita ingin ikut masuk ke dalam kuburannya untuk membuktikan bahwa siksa kubur itu tidak ada dan agama itu tidak nyata. Namun, tentunya akan ada konsekuensi bagi mereka yang tidak percaya.

Pemeran Sita film Siksa Kubur – sumber: Rapi Films via YouTube

Joko Anwar terkenal dengan karya film horornya seperti Pengabdi Setan (2017), Perempuan Tanah Jahanam (2019), dan Pengabdi Setan 2: Communion (2022), kini ia hadir kembali dengan film Siksa Kubur di tahun 2024. Dibintangi oleh aktor ternama seperti Reza Rahardian, Fachri Albar, Happy Salma, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, dan sederet aktor dan aktris hit lainnya, Siksa Kubur menawarkan tontonan menyeramkan bernuansa religi.

Reza Rahardian dan Slamet Rahardjo dalam salah satu scene di trailer film Siksa Kubur – sumber: Rapi Films via YouTube

Walau dengan nuansa religi, dilansir dari CNN Indonesia, Siksa Kubur menjadi film horor religi yang tidak eksploitatif karena teror siksa kubur dan makhluk gaib yang disajikan terasa lebih logis. Tak ayal, film yang juga ditulis, disutradarai, dan disunting oleh Joko Anwar sendiri ini mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia untuk berkunjung menonton ke bioskop.

Salah satu scene dari trailer film Siksa Kubur – sumber: Rapi Films via YouTube

Trigger warning penonton film Siksa Kubur

Film yang diangkat dari film pendek berjudul sama karya Joko Anwar di tahun 2012 lalu ini, per-hari ini masih tayang di bioskop-bioskop terdekat. Perlu diingat bahwa film ini merupakan film berkategori dewasa di atas 17 tahun dan ada beberapa trigger warning yang perlu diperhatikan penonton, seperti kekerasan dan gore, disturbing score, pelecehan, dan bunuh diri. Oleh karena itu, film Siksa Kubur tidak direkomendasikan untuk ditonton remaja dan anak-anak. Sebelum menonton Siksa Kubur di bioskop, simak trailer film Siksa Kubur di sini.

Sumber:
cnnindonesia.com
viva.co.id
liputan6.com
Rapi Films via YouTube

Baca juga:

Laut Memanggilku: Film Pendek yang Menang di BIFF
Sinopsis Gadis Kretek di Netflix, Kapan Tayangnya?
Sinopsis Pachinko, Drakor Baru Lee Minho di Apple TV+!
Sinopsis Film Broker: Karya dengan Standing Ovation di Festival Film Cannes

Exit mobile version