Aplikasi Digital dan GameWisata Kreatif

Smart Tourism App di Indonesia, Pengertian dan Contohnya!

Indiekraf.com – Smart Tourism App atau bisa disebut sebagai Aplikasi Pintar Pariwisata adalah salah satu aset yang dibutuhkan oleh negara kita. Pengertian dari hal tersebut bisa diterjemahkan sebagai aplikasi untuk menunjang kegiatan pariwisata di Tanah Air, Banyaknya lokasi dan daerah wisata di Tanah Air membuat pemerintah perlu mengelola tempat tersebut. Aplikasi pintar tersebut diharapkan bisa membantu mempromosikan destinasi wisata di berbagai daerah. Apa saja ya kira-kira aplikasi pintar di bidang pariwisata yang sudah ada di Indonesia?

Papua Tourism App

Smart toursim app 1 : papua smart tourism
Sumber : Papu Tourism on App Store

Sebagai wilayah yang tidak dekat dari Ibu Kota, Papua hingga saat ini masih tetap eksis sebagai destinasi wisata yang populer di Indonesia. Sebelumnya, Papua Tourism App dibuat dalam rangka mendukung pelaksanaan PON XX Tahun 2021 silam. Pengadaan aplikasi ini juga disupport oleh Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON) Bidang Sosial Budaya. Tujuan di balik pengadaan smart tourism app khusus daerah Papua ini tak lain untuk membantu mengenalkan serta mempromosikan destinasi wisata di sana.

Tentunya, wisata yang ada di sana mencakup wisata sejarah, budaya, alam, hingga kuliner. Aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai ‘wadah’ jual-beli produk ekonomi kreatif khas Papua guys!



SIAK Smart Tourism App

Smart tourism app 2 : Siak Smart Toursim
Sumber : SIAK Smart Tourism on Google Play

Siak Smart Tourism App sendiri merupakan aplikasi berbasis mobile. Aplikasi ini difokuskan untuk pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Indonesia. Adanya aplikasi ini sangat berguna lantaran di dalamnya terdapat berbagai informasi tentang daerah wisata, kuliner, city guide dan lainnya.

Meningkatnya kesadaran wisatawan terhadap daerah wisata menjadikan tingginya kemungkinan dalam transaksi penjualan tiket, wisata kuliner sampai transaksi lainnya. Maka dari itu, aplikasi ini secara tak langsung bisa meningkatkan pendapatan sektor wisata di Kabupaten Siak nih.

Bedas Smart Tourism App

Smart tourism app 1 : Bedas Smart Tourism
Sumber : Bedas Smart Tourism on Google Play

Ada lagi nih aplikasi berbasis mobile yang bisa membantu kamu dalam berwisata di daerah Kabupaten Bandung. Namanya adalah Bedas Smart Tourism. Pemerintah Kabupaten Bandung resmi meluncurkan aplikasi ini demi memberikan informasi pariwisata di daerah tersebut. Lebih kerennya lagi, aplikasi ini dibagun oleh Tim Percepatan Pariwisata Kabupaten Bandung, lho. 

Pihak mereka tak ingin potensi pariwisata di Kab. Bandung diabaikan begitu saja. Maka dari itu, mereka berinisiatif untuk membentuk tim percepatan pariwisata untuk mengembangkan potensi wisatanya. Salah satu langkahnya dibuktikan dengan pembuatan smart tourism app tersebut.

Malang Kabupaten Tourism dalam Sebuah Situs, Matic.or.id!

Bagi kamu yang sekarang lagi sangat tertarik dengan Malang Kabupaten tourism, kamu harus check situs yang satu ini. Yap, situsnya bernama matic.or.id. Matic sendiri adalah singkatan dari Malang Kabupaten Tourism Intelligence Center. Situs ini merupakan platform yang menyediakan informasi tentang smart tourism dan big data yang ada di Kabupaten Malang.



Baca Juga Universitas Brawijaya Dukung Potensi Kampung Dolanan Menjadi Village Tourism
Desa Penglipuran: Desa Terbersih di Indonesia, Kok Bisa?


Related Articles