Digital KreatifIndustri Kreatif

Sosialisasi NIB: Pemerintah Libatkan Tokopedia untuk ‘Bantu’ UMKM 

Indiekraf.com – Beberapa waktu lalu, Tokopedia bekerjasama dengan Pemerintah untuk membuat acara sosialisasi mengenai bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kerjasama ini dilakukan bersama Kementerian Investasi RI/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Koperasi dan UKM RI. Sosialisasi tersebut dilakukan terkait dengan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). Bagaimana keberlanjutan dari Sosialisasi NIB tersebut?

Sosialisasi NIB: Pemerintah Libatkan Tokopedia untuk ‘Bantu’ UMKM 

Bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Kementerian Investasi RI/Badan Koordinasi Penanaman Modal, Tokopedia mengadakan sosialisasi. Ajang ini menjadi sangat bermanfaat untuk para pelaku bisnis terutama di lingkup UMKM. Kini, mereka bisa mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan beberapa kemudahan.

Program kerjasama ini digelar pada Selasa (29/9) lalu. Adanya perubahan ini tentu memudahkan para pelaku UMKM dalam pendaftaran NIB. Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala BKM memberi keterangan. “Melalui NIB, pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dengan risiko rendah akan diberi kemudahan berupa perizinan tunggal. Artinya, NIB berlaku sebagai legalitas, Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikasi Jaminan Produk Halal (SJPH) bagi para pelaku usaha,” jelasnya.

Sosialisasi NIB Memberi Kemudahan untuk UMKM Mendapat Bantuan hingga Perlindungan

Ternyata, belum banyak pelaku usaha terutama UMKM yang mengetahui pentingnya pendaftaran NIB dalam berbisnis. Bahlil sendiri menekankan bahwa ada berbagai manfaat dari pendaftaran NIB oleh UMKM. Pertama, mereka akan lebih mudah mendapatkan program bantuan dari pemerintah sampai mendapatkan pembiayaan. Tidak hanya itu, tentunya dengan NIB pelaku usaha bisa mendapat perlindungan hukum.

William Tanuwijaya selaku CEO dan Founder Tokopedia pun menimpali dengan hal serupa. Dirinya menganggap bahwa UMKM lokal merupakan tonggak perekonomian Tanah Air.  “UMKM lokal adalah tonggak ekonomi bangsa sehingga keberadaan dan kemajuan mereka perlu diusahakan oleh seluruh pihak,” terang William.

Selain itu, Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi dan UKM RI pun turut hadir dalam program tersebut. Teten mengatakan bahwa kini pemerintah sedang mendorong UMKM informal melakukan digitalisasi. “Pemerintah terus mendorong transformasi UMKM dari sektor informal ke formal melalui pemanfaatan kanal digital. Upaya bersama Tokopedia dalam membantu sosialisasi, edukasi serta memfasilitasi para pelaku UMKM terkait perizinan usaha dan pendampingan NIB ini diharapkan dapat memudahkan UMKM dalam mendaftarkan NIB serta mengembangkan bisnis di tengah pandemi,” pungkas Teten.

Baca Juga Anggota DPR RI Dukung Penuh Rencana Bupati Malang Jadikan Rest Area Karlos Sebagai Sentra Batik Dan UMKM

Related Articles