fbpx
Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku KreatifReview Startup

Takwa.id Siap Menjadi Aplikasi Muslim Terlengkap di Tanah Air

Indiekraf.com – Pada era digital seperti sekarang, terdapat banyak aplikasi yang membantu mempermudah kita untuk melakukan kegiatan ibadah, salah satunya adalah Takwa.id. Aplikasi yang dibuat untuk umat Muslim tersebut mampu membantu meningkatkan nilai ibadah kita kepada Sang Pencipta. Kira-kira apa saja ya fitur yang ditawarkan oleh mereka? Yuk kita simak bersama.

Takwa.id atau aplikasi Takwa dikembangkan oleh Zakka Fauzan, Head of Product dari Bukalapak dan bersama beberapa sahabatnya. Mereka berhasil membuat sebuah aplikasi muslim yang memiliki segudang fitur, dimulai dari Quran, Jadwal Sholat, Mesjid Terdekat, sampai ke konten-konten seperti video, podcast, dll.

Baca juga Inikah Dibalik Alasan Aplikasi Muslim Pro Menjual Data Para Penggunanya?

Dalam sebuah thread yang dibuat Fauzan pada akun Twitternya, Ia menjelaskan beberapa fitur unik yang terdapat di Takwa.id. Pertama adalah “Inspirasi Hari Ini” dimana para pengguna akan mendapatkan ayat Quran yang inspiratif setiap harinya. Para pengguna juga bisa membagikan konten tersebut dengan mudah di sosial media pribadi mereka.

Selanjutnya adalah fitur video. Disini, para pengguna bisa mendengarkan video ustadz, melakukan pencarian video by ustadz, dan memilih topik yang inign didengarkan sesuai keinginan mereka. Selain itu, fitur yang tak kalah penting lainya adalah fitur lokasi masjid terdekat. “Sebelum pandemi, ini merupakan salah satu fitur yang paling laku (sekarang pun penggunaannya cukup tinggi), lumayan saat kita sedang di daerah asing dan hendak solat, kita bisa tahu lokasi mesjid,” tulis Fauzan di akun twitter pribadinya.

Fitur Lokasi Masjid Terdekat di Takwa.id (Gambar via Twitter @zakkafm)
Fitur Lokasi Masjid Terdekat di Takwa.id (Gambar via Twitter @zakkafm)

Baca juga Kota Malang Fokus Kembangkan Destinasi Wisata Halal

Bagi para pecinta travling, Takwa.id juga menyediakan fitur podcast yang cocok untuk menemani perjalanan kamu. Fauzan mengatakan akan terus mengembangkan fitur tersebut untuk menambah filter. Hal ini dikarenakan saat ini podcast yang tersedia masih becampur antara bahasa Indonesia dan Inggris.

“Setelah itu, yang terbaru, fitur tanya ustadz. Di sini kita bisa bertanya suatu topik ke ustadz yang insya Allah terpercaya. Selain itu, kita juga bisa berinfaq ke ustadz-nya jika jawaban yang ia berikan cukup memuaskan,” jelas Fauzan.

Saat ini, aplikasi tersebut sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan website (memiliki fitur yang masih belum selengkap seperti di Android). Namun sayangnya, Takwa masih belum tersedia di App Store. Tapi jangan khawatir, dalam akun Twitternya, Fauzan mengatakan bahwa para pengguna iOS akan bisa menikmati aplikasi buatanya pada beberapa minggu kedepan.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button