Tak Berkategori

Tertarik Jadi Social Media Specialist? Yuk Ikutin Cara Sukses Berikut Ini!

Indiekraf.com – Media sosial saat ini memang tengah enjadi tren bagi banyak masyarakat, tak hanya di Tanah Air tapi juga seluruh dunia. Banyak platform atau aplikasi yang bisa membantu kita untuk mendapatkan teman, informasi bahkan media sosial bisa menjadi ladang untuk mengekspresikan diri hingga hobi. Tapi, tahukah kamu bahwa ada lho pekerjaan yang mengharuskan kita selalu ‘mantengin’ media sosial. Yap, Social Media Specialist!t

Awal mula adanya posisi Social Media Specialist adalah salah satu cabang bagian dari Digital Marketing. Social Media Specialist tadinya tak terlalu difokuskan kepada satu orang saja. Namun, dengan banyaknya pengguna media sosial saat ini, posisi Social Media Specialist menjadi salah satu posisi khusus yang membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra.

Apa saja ya kira – kira yang harus dilakukan oleh Social Media Specialist? Yuk simak penjabarannya di bawah ini!

Apa sih Pekerjaan Social Media Specialist?

Social Media Specialist merupakan orang yang bekerja khusus untuk merancang dan mengerjakan segala konten dalam media sosial. Hal itu pastinya mencakup mencari ide, menyusun strategi, merancang konsep hingga ke tahap uploading content. Meski terlihat mudah, keahlian khusus juga harus dikuasai dalam posisi ini. Karena segala strategi tersebut memerlukan ilmu pemasaran yang tepat pula. Dengan spesifikasi di atas, kamu yang hobi banget bermain media sosial bisa mencoba posisi pekerjaan ini!

Baca Juga #WOODMAKERCLASS 1.0

Mempelajari Profil Bisnis atau Perusahaan

Mempelajari profil bisnis atau perusahaan yang akan kamu tuju merupakan hal utama yang paling penting. Untuk merencanakan strategi sosial media dari sebuah perusahaan, kita tentu harus mengetahui detail mengenai perusahaan tersebut. Dengan begitu, kita juga bisa membuat perencanaan yang pas untuk meningkatkan brand awareness dari perusahaan tersebut. Tak hanya itu, konsep media sosial yang akan kita bangun pun bisa lebih tertata dengan memahami perusahaan tersebut dengan baik.

Mempersiapkan Ide dan Strategi

Tak bisa dipungkiri, sebuah perusahaan mungkin merekrut seorang Social Media Specialist dengan harapan untuk meningkatkan citra perusahaan tersebut. Dengan begitu, penting untuk kita selalu menyiapkan ide-ide baru yang dinamis serta strategi yang cocok untuk perusahaan tersebut. Dengan penjabaran ide, konsep hingga strategi yang kamu buat, perusahaan akan lebih mudah menangkap kesimpulan dan bahkan memperkirakan bayangan hasil dari ide kamu.

Be a Knowledge Seeker!

Meski kamu sudah merasa bahwa kamu ahli dalam mengolah dan mengelola media sosial dengan baik, jangan lupa bahwa akan selalu ada hal baru yang bisa kamu pelajari. Di era modern seperti sekarang, pasti akan ada banyak hal baru dan pengetahuan yang perlu kita serap. Belum lagi kamu bekerja dan berhubungan dengan banyak pengguna media sosial. Menanggapi tren yang ada juga hal yang perlu kamu gali.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai Social Media Specialist. Semoga bisa membantu kamu ya!

Related Articles