Digital Kreatif

TikTok 10 Menit Jadi Durasi Terlama, Kenapa Diperpanjang ya?

Indiekraf.com – Di masa sekarang, sudah tak asing lagi jika masyarakat mengenal dan menggunakan media sosial TikTok. TikTok sendiri sudah menjadi salah satu tren yang rasanya tak bisa dilewatkan oleh pengguna media sosial. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua ternyata banyak yang mulai ikut meramaikan tren di platform tersebut. Dengan tren yang semakin tinggi, ternyata platform tersebut justru memunculkan inovasi TikTok 10 menit sebagai durasi terlama.

TikTok 10 Menit Jadi Durasi Terlama, Kenapa Diperpanjang ya?

Membuat konten sebanyak 15 detik di media media memang bukanlah perkara mudah. Tak hanya butuh ide, banyak juga hal lain yang perlu dipersiapkan demi mengunggah satu konten. Namun di platform TikTok kamu juga bisa menggunakan pilihan untuk mengunggah konten sampai dengan 60 detik jika dirasa kurang.

Uniknya, kini muncul TikTok 10 menit dimana durasi tersebut menjadi durasi terpanjang mereka. Bytedance baru saja menambah durasi dari platform mereka untuk mempermudah pengguna mengupload konten. Kini pengguna bisa mengunggah konten hingga 10 menit lamanya agar menampilkan konten secara maksimal.

Bisa Memudahkan Proses Monetisasi?

Meski kabar tersebut menjadi kabar baik, ternyata belum semua pengguna bisa ‘mencicipi’ fitur tersebut. Tampaknya, hingga saat ini TikTok masih merilis fitur baru itu secara perlahan. Hal itu diluncurkan dengan harapan bisa membantu para kreator berkreasi lebih bebas. Para pengguna akan mendapat notifikasi sebagai informasi bahwa mereka sudah bisa mengunggah TikTok 10 menit di akun mereka.

Sebelumnya, lama durasi video konten mereka sudah pernah di ‘upgrade’ di bulan Juli 2021 lalu. Konten mereka sudah bisa diunggah dengan durasi hingga 3 menit lamanya. Ada juga kabar bahwa mereka akan memberi pilihan durasi kontens selama 5 menit. Akan tetapi, hingga saat ini hal itu hanya menjadi kabar burung saja. Matt Navarra sebagai Social Media Consultant and Industry Analyst mengungkapkan pendapatnya. Ia mengatakan bahwa video dengan format panjang akan memudahkan proses monetisasi dan mempertahankan keterlibatan dari pengguna lebih lama. 

Baca Juga Benarkah Kini Pengguna TikTok Sudah Melewati Instagram?

Apa Beda YouTube Shorts dan TikTok? Simak Penjelasannya!

Related Articles