Film Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifMusik

Via Vallen Minta Video Klip Barunya di Take Down Karena Dikritik Fans Kpop

Indiekraf.com – Music Video (MV) lagu terbaru Via Vallen ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ yang baru saja dirilis pada Jumat (23/10) kemarin menuai kontroversi. Para fans Kpop dari musisi asal Korea Selatan, IU menyebut jika MV tersebut merupakan hasil plagiasi dari MV Above The Time milik IU. Tak hanya fans dari Indonesia, fans IU yang berada di luar negeri juga ikut melakukan protes.

Baca juga How You Like That versi Koplo Diunggah Via Vallen di Youtube

Sempat menjadi trending di Twitter, para fans IU dengan kompak melaporkan MV terbaru Via Vallen tersebut ke Edam Entertainment yang merupakan agensi dari IU di Korea Selatan. Hal ini juga dilakukan oleh Official fanclub IU yang berada di Kanada, Amerika Utara melalui akun Twitternya (@IU_Canada). Di tweet tersebut mereka mengajak para fans IU yang ada di dunia untuk ikut melaporkan tindakan plagiasi ini. Tweet tersebut telah mendapatkan lebih dari 1.000 retweet dan lebih dari 2.800 likes di Twitter. Kontroversi ini bahkan telah diliput oleh salah satu media besar seperti Allkpop.

Tak menunggu lama, Via Vallen selaku penyanyi dalam MV tersebut langsung meminta maaf melalui Instagram pribadinya. Ia menuliskan bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam kejadian ini. Ia juga menuliskan bahwa dirinya bukanlah penggemar dari musik Kpop, sehingga tidak mengetahui bahwa MV tersebut benar-benar mirip.

“Untuk IU, fans IU dan terutama vyanisty, juga pihak yang merasa dirugikan. Aku minta maaf soal MV terbaru aku yg ternyata memang muiripp bangett sama MVnya IU. Ini sama sekali ga ada unsur kesengajaan Krn aku bukan penggemar Kpop secara umum,jd ga banyak tau soal MV Kpop (Kebanyakan MV Kpop yg aku lihat cm punya blackpink doang),” tulis Via Vallen.

Baca juga Industri Game Korea Selatan Terbesar Keempat di Dunia

Via Vallen menambahkan jika Ia sangat merasa malu dan berusaha untuk menghapus videonya dari YouTube.

Kalo dr awal aku tau bahwa MV ‘kasih dengarkanlah aku’ ini plek ketiplek sama MV orang lain, sudah pasti 100% bakalan minta ganti konsep. Jujur aku MALU banget pas tau. Aku bakal minta videonya buat di take down. Dan ini akan jadi pembelajaran buat kedepanya biar ga terjadi lagi hal seperti ini. Sekali lagi, dr lubuk hati yg paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar besarnya,” tulisnya.

Beberapa jam kemudian, Via Vallen menepati janjinya untuk menghapus MV lagu barunya tersebut. “MV ‘Kasih dengarkanlah aku’ sudah di take down ya teman teman. Sekali lagi, maaf atas kelalaian yang terjadi,” tulisnya di IG Stories akun Instagram pribadinya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button