Industri KreatifKreatif TourismSeni PertunjukanWisata Kreatif

Viral Wisata Air Terjun Api, Ini Penjelasanya

Indiekraf.com – Yosemite Nasional Park memiliki sebuah spot wisata yang jarang ditemukan pada taman nasional lainya, yaitu air terjun api. Kita biasa menikmati kesejukan dari air terjun, tapi kali ini berbeda, bisa jadi kita akan merasakan panas yang bisa membakar kulit kita. Kira-kira, bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi di alam?

Yosemite Nasional Park terletak di daerah pegunungan Sierra Nevada California, Amerika Serikat. Ketika berwisata ditempat ini, kita akan disajikan pemandangan pegunungan yang begitu indah. Selain itu, terdapat juga beberapa tempat air terjun yang mempesona. Namun, dari sekian banyak air terjun yang bisa ditemukan disana, terdapat satu tempat yang menyita banyak perhatian yaitu air terjun api.

Baca juga Viral! Naka Cave, Gua Yang Miliki Dinding Mirip Seperti Sisik Ular

Penduduk disana biasa menyebutnya dengan The Yosemite Firefall. Sebenarnya, ini bukanlah fenomena alam, namun adalah kreatifitas dari salah satu penduduk yang tinggal disana yang bernama James McCauley.

Pemandangan air terjun api atau The Yosemite Firefall dimulai pada tahun 1872. Ketika itu, James McCauley merupakan seorang pemilik Glacier Point Mountain House Hotel. Tempat hotel itu terdapat di atas lembah Yosemite. Setiap malam di musim panas, McCauley membuat api unggun di tepi Glacier Point untuk menghibur tamunya. Dia kemudian memadamkan api dengan menendang bara api yang membara di tepi tebing.

Baca juga Viral! Fenomena Tempat Wisata Gurun Sahara Berubah Menjadi Es

Saat bara api yang bersinar tersebut jatuh dari ketinggian 3.200 kaki di udara, orang-orang yang pada saat itu berada dibawah lembah seakan melihat air terjun api “firefall”. Merasakan melihat peluang bisnis, putra McCauley mulai meminta sumbangan kepada pengunjung di Lembah Yosemite. Mereka kemudian mengangkut kayu lebih banyak ke Glacier Point untuk membangun api unggun yang lebih besar, menghasilkan air terjun api yang lebih dramatis.

Namun, pada tahun 1968 George Hertzog, direktur National Park Service, memutuskan untuk mengakhiri pertunjukkan air terjun api atau Yosemite Firefall untuk selamanya. Dia menyatakan bahwa Firefall adalah tontonan yang tidak wajar yang lebih cocok untuk Disneyland daripada taman nasional. Dia juga berpendapat bahwa Firefall menarik banyak orang yang merusak padang rumput setempat.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Yosemite Firefall – Glacier Point

Related Articles