Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Viral! YouTube Rewind Tahun 2020 Ditiadakan!

Indiekraf.com – YouTube resmi memberikan keputusan bahwa mereka tidak akan membuat YouTube Rewind tahun ini. Pernyataan tersebut disampaikan langsung melalui akun Twitter officialnya pada hari Jum’at waktu Indonesia. Keputusan itu tentunya membuat para penggemarnya kecewa.

YouTube Rewind merupakan sebuah video perayaan tahunan yang menggambarkan keseruan pada tahun itu. Perusahaan yang bermarkas di California itu telah membuat video rewind sejak tahun 2010. Setiap tahunya, YouTube akan mengundang beberapa content creator terbaik untuk bergabung dalam pembuatan project tersebut.

Baca juga Jumlah View Youtube Bisa Berkurang, Kenapa ya?

Masyarakat di dunia kerap menanti YouTube Rewind setiap tahunnya. Namun, bukan berarti semua orang menyukainya. Video perayaan tahunan tersebut ternyata banyak menuai pro dan kontra, khususnya beberapa tahun belakangan. Pada edisi tahun 2018, YouTube memiliki gelar baru dimana video tahunan tersebut mendapatkan jumlah dislike terbanyak sepanjang masa yakni sekitar 18,5 juta dislike.

Nampaknya edisi video tahun 2018 itu mendapatkan respon yang cukup buruk dari netizen yang ada di seluruh dunia. YouTube Rewind edisi tahun 2019 ternyata juga mendapatkan hal yang sama. Telah ditonton lebih dari 100 juta views, video tersebut tetap mendapatkan jumlah dislike yang cukup besar, yakni sekitar 9,2 juta dislike.

Baca juga 3 Jurus Agar Akun YouTube Kamu Tidak Mudah Di Hack

Dalam akun official YouTube di Twitter, mereka mengatakan jika akan rehat sejenak untuk tidak membuat YouTube Rewind. “Sejak 2010, kami selalu mengakhiri tahun dengan Rewind: melihat kembali pembuat konten, video, dan tren paling berpengaruh di tahun tersebut. Apakah Anda menyukainya-atau hanya mengingat 2018- Rewind selalu dimaksudkan untuk menjadi perayaan untuk Anda,” tulis mereka.

“Tetapi tahun 2020 berbeda. Dan rasanya tidak benar untuk melanjutkannya seolah-olah tidak. Jadi, kami mengambil jeda dari Rewind tahun ini,” lanjut YouTube menegaskan bahwa mereka tidak akan membuat Rewind tahun ini. Tak lupa, diakhir kalimat mereka juga mengucapkan terima kasih kepada semua creator yang tetap berkarya dan membantu menghibur masyarakat dunia dengan kontennya untuk menghadapi tahun yang berat ini.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button