Kuliner

15 Tips Jitu Menjadi Pebisnis Kuliner Sukses

Ditulis oleh : Ainurrosyida

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat. Di zaman sekarang ini banyak masyarakat yang cenderung tertarik untuk memulai bisnis kuliner entah makanan ataupun minuman. Apalagi bisnis kuliner salah satu bisnis yang memiliki peluang usaha jangka panjang dan pastinya tidak akan memberikan kerugian jika kita mengelolanya dengan baik dan benar. Karena biasanya usaha kuliner selalu berkembang dan menciptakan banya inovasi baru. Namun karena terlalu banyak yang  itulah maka tingkat kompetitornya juga tinggi. Nah jadi bagaimana sih tips bagi kamu yang ingin memulai bisnis kuliner ini ? Yuk cek dibawah ini

  1.   Persiapkan Modal Usaha

Modal adalah hal dasar yang dibutuhkan bagi semua yang ingin memulai bisnis. Entah bisnis kuliner atau bisnis yang lainnya pasti membutuhkan modal untuk kelancaran usaha. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan modal. Misalnya dengan mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam di koperasi atau bank melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM. Bila kamu memilih untuk bekerja sama dengan rekanmu maka buatlah surat perjanjian yang mengatur pembagian wewenang dan hasil usaha untuk menghindari masalah di kemudian hari. Dan jika kamu meminjam dari lembaga keuangan, maka jangan lupa untuk membuat laporan keuangan setelah usaha berjalan. Laporan keuangan tersebut berisis pemasukan, pengeluaran dan aset usaha yang dimiliki. Tujuan pembuatan laporan adalah agar kita mengetahui perkembangan bisnis kita.

  1.   Menetukan Target Pasar

Menentukan target pasar sangat penting bagi semua bidang usaha. Di bidang bisnis kuliner sendiri kita tidak hanya memberikan harga yang murah dan terjangkau bagi para pembeli namu juga harus mempunyai cita rasa dan selera dari pembeli. Memang selera pembeli berbeda-beda dan pastinya tidak terbatas, namun kamu bis mengambil jalan tengah dengan memberikan cita rasa yang paling banyak diminati oleh pembeli.

  1.   Menentukan Lokasi

Pilihlah lokasi yang strategis dan banyak dikunjungi atau dilalui banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha juga harus memperhtungkan modal jangan sampai modal kamu terkuras habis hanya untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Solusi lainnya kamu bisa menitipkan produk bisnis kamu di tempat usaha mitra kamu yang tentunya lokasinya strategis. Contoh tempat strategis yang cocok untuk berdagang ialah, kampus atau sekolah, kawasan perkantoran, lingkungan pasar dan pusat perbelanjaan, perumahan, tempat wisata, dan tempat-tempat yang sedang ada event.

  1.   Membuat Konsep yang Menarik

Konsep yang menarik sangat dibutuhkan bagi pemula yang ingin memulai bisnis kuliner. Karena para pembeli cenderung membeli produk yang mencuri perhatian dan memiliki konsep yang menarik. Dan untungnya lagi dengan konsep yang menarik dan unik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis kamu sendiri dan dapat bersaing dengan pesaing yang lain. Jadi pikirkan dulu konsep menarik apa yang ingin kamu gunakan untuk penunjang bisnis tersebut.

  1.   Menciptakan Menu Andalan

Sebelum memulai usaha, cobalah melaukan survei terlebih dahulu menu apa saya yang ada di pasaran. Kemudian pilih menu yang belum atau jarang dijual untuk mengurangi tingkat persaingan. Atau kamu bisa memilih menu yang menyesuaikan dengan target pasar atau konsumen dan modifikasi menu tersebut agar terlihat menarik.

  1.   Pemasok Bahan Baku

Mencari pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya dapat mengurangi kendala serta mendapatkan kemudahan dan kelancaran bisnis kamu, maka carilah pemasok yang jelas dan terpecaya. Selain bisa mendapatkan harga yang relatif murah, kamu juga dapat menjadi prioritas bila suatu saat baha baku yang kamu gunakan langka di pasaran. Dan usahakan memiliki lebih daru satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa memenuhi permintaan

  1.   Pengetahuan dan Kemampuan Dasar

Bila ingin memulai suatu bisnis tentunya kita harus mempunyai pengetahuan dan kemampuan dasar dalam membuka sebuah binis kuliner. Karena tanpa mempelajari semua keahlian dasar maka kau tidak akan bisa memngembangkan bisnis kamu dan juga dapat mengalami kerugian.

  1.   Perhitungan Dasar

Buatlah sebuah perhitungan spesifik yang dapat membantu menentukan pengeluaran untuk pembelian bahan baku dan perkirakan kemudian carilah supplier lain yang memberikan harga lebih terjangakau dengan perbandingan data tersebut.

  1.   Manfaatkan Internet

Sekarang ini banyak masyarakat yang paham akan Internet, maka manfaatkan itu untuk melakukan promosi melaui Internet. Bisa melaui media sosial seperti Instagram atau website. Keuntungannya bisnis kita akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga mengurangi biaya promosi.

  1.  Sumber Daya Manusia (SDM)

Pada umumnya karyawan untuk bisnis kuliner terbagi menjadi tukang masak, pelayan, dan kasir. Tapi bila bisnismu masih tergolong kecil, seorang asisten cukup untuk mempermudah pekerjaan kamu  dan juga dapat mengurangi pengeluaran. Dan tidak lupa juga kita harus memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberikan gaji yang sepadan dan tepat waktu. Hal ini penting untuk menjaga kestabilan keterampilan dan kesiapan karyawan.

  1.  Pelayanan yang Baik

“Pembeli adalah Raja”, maka kita sebagai penjual wajib memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen. Contohnya layani mereka dengan wajah yang bahagia, kata-kata yang sopan, dan juga cekatan. Hal ini diperlukan untuk menarik pelanggan tetap agar tetap berlangganan membeli produk kita.

  1.  Promosi yang Tepat

Agar bisnis kamu terus berkembang maka diperlukan promosi. Banyak cara yang dapat dilakukan misalnya, seperti promosi dari mulut ke mulut, dari sahabat, kerabat, teman kerja, ataupun keluarga. Dan kamu bisa melakukan promosi melalui Internet, seperti melaui Instagram, Whatsapp, Website dan lainnya.

  1.  Perizinan Usaha

Jika usaha semakin berkembang dan besar ada baiknya segera mengurus Nomor Pokok Wajin Pajak (NPWP) bagi usaha kamu, mengurus perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan kalau bisa mengurus sertifikasi halal untuk semua produk usaha kamu ke Majelis Ulama Indonesia. Itu semua diperlukan demi kenyamanan dan keamanan bisnis kamu.

  1.  Menajaga Sikap dan Perilaku

Penting bagi kita untuk menjaga sikap dan perilaku saat berhapadapan dengan calon pembeli. Semakin kita ramah dan sopan maka semakin banyak konsumen yang akan datang. Dan kita juga harus menjaga perilaku saat berhadapan dengan  pesaing kita jaangan sampai berbuat curang.

  1.  Sabar dan Konsisten

Dalam bisnis pasti akan mengalami pasang surut. Dan biasanya banyak pebisnis yang mudah gagal karena mereka kurang sabar dan mudah menyerah. Maka diperlukan sikap sabar dan pantang menyerah untuk melakukan yang terbaik bagi bisnis kamu dan selalu konsisten pada setiap waktu. Jika ini kalian terapkan maka binsis kamu akan lebih berkembang.

Nah, semoga tips-tips diatas dapat menjadi masukan bagi kamu yang tertarik untuk membuka bisnis kuliner. Jangan sia-siakan setiap peluang yang terbuka di depan anda

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close