Digital KreatifKabar KreatifTips Kreatif

2019, Inilah 10 Bidang Kerja Freelance Yang Bakal Butuh Banyak Pekerja, Siap – Siap Ya!

2019 Freelancer akan semakin banyak dicari oleh perusahaan, khususnya startup yang sedang berkembang

Era ekonomi kreatif, sekarang tidak terlepas dari tren pekerja lepasan atau freelance dan remote worker. Dimana suatu pekerjaan tidak terikat dengan sebuah jam kerja atau aturan perusahaan yang konvensional. Hal ini dalam beberapa tahun terakhir dinilai sebagai win -win solution bagi perusahaan maupun juga pekerja.

Freelance amatlah disukai oleh perusahaan rintisan (startup), karena mereka bisa menyewa pekerja sesuai dengan adanya proyek, atau per proyek yang dikerjakan. Sedangkan untuk pekerja, dengan freelance, mereka bisa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan. Apalagi kalau bisa dikerjakan secara remote, alias digarap dari manapun dan dimanapun saja.

Nah, pekerja freelance atau freelancer ini juga bisa dikerjakan oleh siapapun, baik kalian fresh graduate, sedang memiliki pekerjaan, atau yang sudah berpengalaman dan sudah jenuh bekerja konvensional di sebuah perusahaan.

Masih bingung, mau mencari pekerjaan secara freelance? Berikut adalah 10 bidang kerja yang bisa dikerjakan secara freelance dan remote, yang paling dicari:

1. Web and Software Development

foto: cygnis media

Dengan berkembangnya ekonomi dan industri kreatif ke level 4.0, maka penggunaan daring makin lama akan semakin meningkat. Sehingga kini semakin banyak dicari pekerja dari sektor web and software development. Yang paling banyak dicari adalah WordPress Developer. Apakah itu anda?

2. Design and Creative

foto: video blocks

Pasar dan juga produsen yang kini mulai disesaki oleh generasi milennials, sangat mementingkan pengalaman visual dalam membuat dan membeli suatu produk., kemampuan Augmented Intelligence (AI), Sustainable Design, dan Design Thinking sangat dicari.

3. Writing and Translation

foto: thecontenwrangler.com

Wah, siapa sangka sekarang menulis pun, yang dahulu hanya disebut sebagai hobi, juga bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan. Ya, karena produk dari industri kreatif juga tidak hanya membutuhkan desain yang ok punya, melainkan juga copywriting yang bisa ‘menyihir’ konsumen untuk bisa menggunakan suatu produk.

4. Administrative Support

foto: dewiku.com

Hmm, kalau dahulu kita kenal pekerjaan yang namanya admin ini ya stay di kantor dan mengerjakan berbagai hal yang terkait dengan kebutuhan administratif perusahaan. Namun hal tersebut tidak berlaku saat ini, karena justru banyak perusahaan rintisan yang membutuhkan administrasi suport, sebagai virtual assitans, healtcare dan juga real estate admin. Tertarik tidak?

5. IT and Networking

Foto diskusi FGD Komite Ekonomi Kreatif dan Barenlitbang kota Malang bersama stakeholder industri kreatif sektor apps dan game

Bidang pekerjaan suporting IT dan jaringan tampaknya  saat ini juga tidak memerlukan ketergantungan untuk seseorang bisa standby di kantor. Keberadaan remote untuk bisa mengakses jaringan yang diawasi, membuat freelancer lebih disukai perusahaan untuk bisa mengisi bidang ini.

6. Customer Service

foto: ciol.com

Customer service saat ini bukan hanya seseorang di ujung telepon yang siap melayani pertanyaan pelanggan dalam 24 jam. Melainkan juga diperlukan seseorang dengan skill social media management. Karena medsos kini sudah jadi bagian penting dari sebuah customer service perusahaan kepada pelanggannya.

7. Sales and Marketing

foto: preparation info

Nah, kalau yang satu ini memang sudah lama bisa dilakukan secara freelance dan remote. Khususnya kini makin berkembang di e-commerce, dengan model reseller. Ada yang sudah pernah coba?

8. Accounting dan Finance

foto: paysimple.com

Mengontrol keuangan perusahaan secara remote? Zaman sekarang sudah bukan tidak mungkin lagi. Sehingga kini keutuhan finance juga bisa dilakukan oleh para freelancer.Biasanya perusahaan rintisan lah yang banyak membutuhkan akuntan dan finance secara freelance.

9. Engineering and Architecture

foto: tnw.com

Ketika mengerjakan sebuah proyek, biasanya perusahaan akan mencari freelancer dari bidang yang satu ini. Mereka akan mencari tenaga ahli dalam pengerjaan 3D Rendering and Modeling, Immersive Architecture and Engineering, dan yang sedang gencar di Indonesia-Smart Cities Planning.

10. Data Science

foto: edureka

Belum banyak dilakukan, namun seorang peneliti data akan semakin dibutuhkan perusahaan di tahun 2019 ini. Karena banyaknya data yang ada di daring, membuat perusahaan perlu seseorang khusus untuk bisa menganalisanya, dan digunakan dasar langkah perusahaan dalam proyek berikutnya.

Sumber:

biz.lab

foundera.com

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close