Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightOpini KreatifPeriklanan

3 Alasan Kenapa Bisnis Kamu Harus Beriklan di YouTube

Indiekraf.com – Berbicara mengenai iklan di media sosial, kita sering mendengar bahwa memasang iklan di Facebook atau Instagram menjadi cara yang paling ampuh untuk mengembangkan bisnis kita. Namun, masih sedikit yang berbicara mengenai melakukan iklan di YouTube.

Beberapa dari kita pasti pernah menonton video melalui YouTube. Tidak bisa dipungkiri bahwa platform ini telah menjadi bagian dari salah satu sumber hiburan hingga memperoleh sumber informasi yang penting. Artikel ini akan membahas mengenai 3 alasan kenapa kamu harus melakukan iklan di YouTube.

1. YouTube Memiliki Berbagai Macam Jenis Audience

Didirikan pada tahun 2005, YouTube telah menjadi salah satu situs paling populer di dunia. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut saat ini telah memiliki sekitar 1,9 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Ini merupakan jumlah penonton yang luar biasa. Para customer atau konsumen dari bisnis kamu kemungkinan besar sudah termasuk dalam jumlah tersebut.

Lakukan riset sederhana menggunakan kata kunci yang tepat agar iklan di YouTube kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu juga bisa mencari influencer atau channel yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kamu buat agar bisa lebih relevan.

Cobalah untuk iklan di YouTube (Photo by Christian Wiediger on Unsplash)
Cobalah untuk iklan di YouTube (Photo by Christian Wiediger on Unsplash)

2. Search Engine Terbesar Kedua Setelah Google

Setelah Google, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua dengan miliaran pencarian per bulan. Sehingga, sudah sewajarnya jika setiap bisnis atau brand memanfaatkan hal tersebut, terlebih jika kamu memiliki produk atau layanan yang dapat memecahkan sebuah masalah.

Sebagai contoh, misalkan bisnis kamu menawarkan alat untuk menghilangkan sakit punggung karena melihat saat ini banyak orang yang kerja di rumah akibat pandemi. Maka, kamu bisa menggunakan kata kunci ‘sakit punggung’ mungkin akan sangat relevan untuk konten iklan yang akan kamu buat di YouTube.

3. Memiliki Banyak Pilihan Ads, Sesuai Dengan Target Bisnis Kamu

Ada berbagai jenis kampanye iklan yang bisa kamu pilih. Berikut ini gambaran singkatnya:

  • In-Stream ads: Kebanyakan orang sudah familiar dengan iklan in-stream. Mereka berjalan sebelum video dimulai, dan kamu dapat melewati iklan setelah lima detik.
  • Discovery ads: Discovery ads juga sering disebut sebagai “iklan penemuan Video TrueView” dan sering ditampilkan di hasil penelusuran dan laman tontonan.
  • Bumper ads: Iklan bumper adalah video pendek yang durasinya tidak lebih dari enam detik. Para penonton tidak dapat melewati iklan ini.

Dengan ketiga pilihan iklan diatas, kamu bisa merencanakan untuk memilih jenis iklan apa yang sesuai dengan target marketing yang telah kamu buat. Akan tetapi, in-stream ads seringkali sangat bagus untuk dipilih sebagai konversi produk atau jasa bisnis kamu. Sementara iklan bumper lebih cocok untuk mengembangkan channel YouTube.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] 7 Reasons Brands Should Run YouTube Ads In 2021

Baca juga

Penghasilan Rp8 Miliar Dari YouTube, Raffi Ahmad Bagikan Tips Ini
YouTube Akan Segera Memotong Penghasilan Para YouTuber, Ini Alasanya

Related Articles