Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightOpini KreatifTips Kreatif

3 Alasan Startup Kamu Harus Aktif di Twitter Daripada di Instagram

Indiekraf.com – Sebagian besar startup masih menggunakan Instagram sebagai ujung tombak untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka buat. Memang benar bahwa Instagram memiliki jumlah pengguna aktif yang jauh lebih banyak daripada Twitter. Tapi apakah efektif?

Menurut data dari statista.com, jumlah pengguna aktif Instagram pada tahun 2021 mencapai 1.287 miliar pengguna. Sedangkan Twitter hanya sebesar 396 juta pengguna. Jika dilihat dari data tersebut, tak heran jika banyak startup yang mengoptimalkan platform Instagram mereka daripada di Twitter.

Mungkin dari sudut pandang perusahaan, Instagram jauh terlihat lebih menguntungkan. Akan tetapi, dari sudut pandang saya sebagai seorang customer, saya melihat Twitter bisa jauh lebih efektif untuk branding startup kamu. Kenapa? Berikut 3 alasanya:

Startup kamu harus aktif juga di Twitter (Photo by Claudio Schwarz on Unsplash)
Startup kamu harus aktif juga di Twitter (Photo by Claudio Schwarz on Unsplash)

Cukup Konten Tulisan

Instagram mewajibkan kamu untuk membuat konten dengan gambar atau video, tapi di Twitter, kamu bisa membuat hanya dengan tulisan. Ini sangat penting karena untuk mengikuti tren yang terus berubah setiap waktu.

Ini tentu dapat mempercepat waktu kamu untuk membuat sebuah konten. Dengan begitu, kamu tak perlu repot menunggu divisi desainer atau videografer membuat konten yang sesuai dengan tren yang berjalan.

Penting untuk diingat bahwa ‘momentum’ adalah salah satu hal yang krusial untuk menjadi viral. Siapa yang membuat konten duluan, maka dia yang akan viral.

Fitur Berbalas Tweet yang Efektif

Kenapa saya bilang efektif? Karena di Twitter kita bisa saling berinteraksi tak hanya dengan tulisan, tapi juga dengan gambar dan video. Ini adalah hal yang tidak didapatkan di Instagram. Ketika startup kamu membuat konten feed, orang yang melihat hanya bisa membalas postingan tersebut dengan tulisan.

Hal ini penting untuk membuat kolom komentar konten kamu menjadi lebih ‘hidup’ dan menyenangkan karena secara tidak langsung, kamu memberikan kesempatan untuk orang yang melihat konten kamu untuk berkarya juga, entah memberikan meme atau mengedit ulang konten kamu menjadi lebih menarik.

Mudah Mencari Kata Kunci

Trending Topic. Yup, satu fitur yang tidak bisa kita temui di Instagram tapi tersedia di Twitter. Ini sangat membantu kita untuk mengetahui hal apa saja yang sedang tren saat ini. Kita juga bisa mengubah pengaturan fitur tersebut untuk melihat tren secara global atau spesifik setiap negara di dunia. Ini akan membantu startup kamu sebagai insight untuk membuat konten planning kedepan.

Tak hanya itu, fitur search di Twitter juga sangat berbeda dengan Instagram. Misalkan jika kamu menuliskan nama startup kamu di kolom search, maka kamu bisa melihat siapa saja orang yang sedang membicarakan startup kamu. Tapi jika di Instagram, rekomendasi yang muncul biasanya harus menggunakan hashtag (#) dan merekomendasikan akun dengan nama startup kamu.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Twitter Kembangkan Fitur Kirim Uang, Berikut Penjelasanya
Instagram Siapkan Fitur Exclusive Stories, Apa Itu?
Facebook dan Instagram Bakal Beri Bonus Bagi Kreator Yang Rajin Siaran Live, Berminat?

Related Articles