Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Twitter Kembangkan Fitur Kirim Uang, Berikut Penjelasanya

Indiekraf.com – Twitter dikabarkan sedang merancang berbagai macam fitur baru untuk bisa bersaing dengan media sosial lainnya. Salah satu fitur yang saat ini sedang mereka kembangkan adalah fitur mengirim uang. Seperti apa itu?

Laporan adanya fitur kirim uang tersebut dibocorkan oleh June Machun Wong, seorang pengembang aplikasi melalui akun Twitter pribadinya @wongmjane. Pada cuitannya tersebut, Ia memperlihatkan sebuah gambar yang menunjukkan tampilan baru aplikasi tersebut dengan fitur pengirim uang. “Twitter sedang mengerjakan fitur Tip Jar langsung di profil pengguna,” tulisnya.

Baca juga Google Meet Segera Rilis Mega Update Terbaru Bulan Depan, Apa Itu?

Dalam gambar tersebut terlihat bahwa para pengguna mampu mengirimkan uang atau tip dengan berbagai macam pilihan, seperti melalui Bandcamp, Cash App, Patreon, PayPal, dan Venmo. Dikutip dari iMore via CNNIndonesia.com, uji coba fitur tersebut dianggap seperti mematangkan konsep ekosistem Twitter yang bisa dimonetisasi bagi para penggunanya.

Baca juga Penghasilan Rp8 Miliar Dari YouTube, Raffi Ahmad Bagikan Tips Ini

Selain fitur mengirim uang, perusahaan yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat tersebut juga mengembangkan beberapa fitur baru lagi yaitu Super Follow. Fitur ini nantinya juga akan mampu dimonetisasi oleh para kreator karena para pengguna biasa harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa menikmati konten eksklusif yang mereka buat.

Konten eksklusif yang dimaksud meliputi tweet bonus, langganan buletin, akses ke grup komunitas, hingga sebuah lencana yang menunjukkan dukungan ke para konten kreator. Untuk membedakan Super Follow dan Follow biasa terdapat pada warna. Jika ikon follow biasa berwarna biru khas twitter, namun untuk Super Follow nantinya akan berubah menjadi warna hitam.

Adanya fitur mengirim uang dan Super Follow ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para pelaku industri kreatif atau konten kreator yang ada di Twitter. Hal ini juga akan dapat meningkatkan persaingan dengan media sosial lainya seperti Facebook dan YouTube yang sudah lebih dulu menerapkan sistem monetisasi kepada para penggunanya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Bocoran Fitur Kirim Uang dari Twitter

Related Articles