Aplikasi Digital dan GameIndustri Kreatif

3 Aplikasi Video Call Untuk Interview Kerja di Era New Normal

Indiekraf.com – Di era new normal, sebagian besar perusahaan telah melakukan perekrutan kerja secara online. Jika dulu perusahaan hanya menggunakan cara online untuk tahap seleksi berkas, kini semakin banyak perusahaan yang juga menggunakan aplikasi video call untuk tahap interview kerja.

Interview yang dilakukan secara online memiliki beberapa keuntungan diantaranya adalah calon pekerja bisa melakukan interview di rumah, sehingga tidak perlu datang ke perusahaan yang bisa menghemat uang transportasi. Interview secara online dilakukan dengan menggunakan aplikasi video call, berikut adalah 3 aplikasi video call yang sering digunakan saat interview:

Zoom

Zoom dapat membuat Anda melakukan video conference dengan durasi waktu bisa mencapai 40 menit untuk versi gratisnya. Selain itu, zoom juga memiliki fitur β€œshare screen” dimana Anda bisa memperlihatkan layar laptop atau smartphone Anda untuk menampilkan document yang ingin Anda presentasikan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah Zoom memiliki fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengganti latar belakang Anda ketika melakukan video call dengan berbagai macam gambar yang Anda inginkan.

Google Meet

Tak jauh berbeda dengan Zoom, Google Meet juga memiliki fitur untuk melakukan β€œshare screen” yang bisa Anda gunakan untuk mempresentasikan dokumen yang ingin Anda sampaikan. Google Meet sangat menekankan pada kesederhanaan secara fungsi (user friendly) sehingga semua kalangan bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Sayangnya, fitur untuk mengganti latar belakang video tidak tersedia dalam aplikasi ini. Namun, Google Meet memiliki durasi waktu yang lebih lama yaitu 60 menit untuk versi gratisnya.

Skype

Skype adalah aplikasi yang dibuat oleh Microsoft yang dapat diakses secara mudah melalui smartphone atau laptop. Selain memiliki fitur untuk melakukan meeting online, aplikasi ini juga mendukung fitur seperti pesan teks dan telefon. Salah satu keunggulan aplikasi ini dari Zoom dan Google Meet adalah Skype tidak membatasi durasi waktu video call, sehingga Anda bisa bebas menggunakanya selama mungkin.

Meski dilakukan secara online, terdapat beberapa tata krama yang sebaiknya Anda perhatikan, antara lain:

  • Berpenampilan menarik dan rapih
  • Memilih latar belakang yang polos
  • Menggunakan microphone atau earphone with mic
  • Usahakan Anda memiliki koneksi internet yang stabil

Dengan menggunakan aplikasi diatas akan membantu Anda dalam melakukan interview kerja tanpa harus bertemu secara langsung. Anda bisa menjalankan new normal dengan aman dan efektif.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

 

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button