Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightOpini Kreatif

3 Cara Jitu Untuk Dapatkan Banyak Like di Instagram

Indiekraf.com – Setiap orang yang membuat konten di Instagram pasti ingin postingannya mendapatkan jumlah like yang banyak, bukan? Mereka berlomba-lomba untuk membuat foto, video, atau gambar yang semenarik mungkin agar bisa mendapatkan engagement yang tinggi. Tak hanya membuat konten yang bagus, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal agar konten kamu mendapatkan jumlah like yang banyak, apa saja?

Seperti yang kita ketahui, Insatgram sudah menjadi salah satu platform yang populer untuk mempromosikan sebuah produk atau bisnis di dunia. Platform tersebut telah menyediakan berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti feed, stories, sticker, caption, filter, dan masih banyak lagi.

Membuat konten yang bagus adalah sebuah keharusan. Namun masalahnya, arti kata “bagus” disini sangatlah relatif, bagus menurut kita, bukan berarti bagus menurut banyak orang. Oleh karena itu, ada hal yang perlu kita lakukan selain fokus untuk membuat konten yang bagus.

Gunakan Hashtag

Ketika membuat postingan feed atau stories, jangan lupa untuk menggunakan fitur hashtag (#) pada caption yang kamu buat. Lakukan riset mengenai kata kunci yang populer, sesuai dengan tujuan atau produk yang kamu promosikan.

Untuk mencari kata kunci yang tepat, kamu bisa menggunakan berbagai macam jenis platform seperti Google Keyword Planner, io, atau SEMRush Premium. Selain itu, kamu juga bisa langsung melakukan riset melalui kolom search yang ada di Instagram. Pastikan kata kunci yang kamu pilih relevan dengan konten yang kamu buat.

Adanya hashtag akan membantu konten kamu dapat ditemukan oleh banyak orang. Ini tentunya akan dapat meningkatkan potensi konten kamu mendapatkan banyak like. Jika tidak, minimal jumlah engagement yang akan dapat dapat ikut meningkat.

Konsisten Membuat Konten

Definisi konsisten dalam hal ini bukan berarti kamu harus upload konten setiap hari. Jika misal kamu biasa upload konten 3 hari sekali, maka lakukanlah hal tersebut dengan rutin, di hari dan waktu yang sama.

Dikutip dari impactplus.com menunjukkan bahwa sebuah brand yang memposting antara dua dan 10 kali per hari dapat mendapatkan hasil pemasaran terbaik di Instagram. Itu bisa berupa feed, stories, atau reels.

Membuat Iklan

Ok poin ini mungkin kamu akan bilang “YA IYALAH”, tapi percayalah bahwa Instagram bukanlah hanya sekedar platform semata, ada faktor bisnis disana. Tentunya akan ada ‘privilege’ yang kamu dapat ketika kamu membayar di platform tersebut.

Akan tetapi, kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal ketika ingin membuat iklan di Instagram. Pertama kamu perlu membuat akun fanpage di Facebook. Setelah itu, kamu bisa menentukan target audience, anggaran, dan jadwal iklan. Dengan begitu, iklan yang kamu buat akan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Naning Utoyo Berikan Tips Membuat CV untuk UX Researcher
Tips Bekerja Sama Dengan Banyak Stakeholder
Penghasilan Rp8 Miliar Dari YouTube, Raffi Ahmad Bagikan Tips Ini

Related Articles