Industri Kreatif

5 Produk Industri Kreatif Indonesia Ini Laris di Pasar Amerika

Indiekraf.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat di Indonesia yang memilih produk industri kreatif dari luar negeri. Barang impor dari brand terkenal di dunia seperti sepatu, tas, baju hingga makanan masih memiliki peminat yang banyak. Padahal, Indonesia juga memiliki produk yang berkualitas, bahkan telah di ekspor ke pasar internasional seperti Amerika Serikat.

Kekuatan pasar Amerika dapat dibilang bisa mempengaruhi keadaan ekonomi di dunia. Oleh karena itu, jika terdapat produk yang bisa berhasil pasar disana, kemungkinan besar produk tersebut memang memiliki kualitas yang tak perlu dipertanyakan lagi.

Baca juga 5 Pelaku Industri Kreatif Asli Indonesia yang Sukses di Amerika Serikat

Masih banyak masyarakat yang meragukan kualitas produk buatan lokal. Padahal, Indonesia memiliki banyak produk yang berkualitas internasional. Berikut adalah 5 produk industri kreatif yang mampu menembus pasar Amerika Serikat:

1. Terry Palmer

(Foto via Terry Palmer tokopedia.com)
(Foto via Terry Palmer tokopedia.com)

Siapa sangka jika Indonesia memiliki produk handuk yang digemari oleh pasar internasional. Terry Palmer membuktikan bahwa kualitas handuknya bisa menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Meskipun masih banyak masyarakat yang mengira jika Terry Palmer merupakan brand atau merek yang berasal dari luar negeri. Padahal, handuk ini merupakan asli buatan dalam negeri yang diproduksi oleh PT. Indah Jaya. Handuk yang mereka buat diklaim sebagai handuk paling higienis. Oleh karena itu, produk Terry Palmer tak hanya bisa menembus pasar Amerika, namun juga telah merambah pasar Asia dan Eropa.

2. GT Radial

(Foto via www.gtradial.co.id)
(Foto via www.gtradial.co.id)

GT Radial merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi ban dengan kualitas tinggi. Produk ban yang mereka produksi telah dipasarkan di hampir 100 negara yang ada di dunia. Tak hanya itu, merek ban ini bahkan telah dipercaya oleh beberapa pembalap-pembalap papan atas dunia. GT Radial pun juga pernah meraih penghargaan dari General Motor sebagai pemasok ban terbesar di dunia.

3. Lea Jeans

(Foto via Twitter @leajeans)
(Foto via Twitter @leajeans)

LEA merupakan salah satu perusahaan fashion yang menawarkan pakaian kasual gaya Amerika yang inovatif. Dimulai pada tahun 1972, perusahaan ini telah memproduksi berbagai macam produk fashion dengan kualitas tinggi seperti baju, jaket, dan yang paling terkenal yaitu produk jeans. Dengan bahan yang nyaman dan memiliki warna yang tidak mudah luntur, produk Lea Jeans mampu bersaing dengan brand terkenal yang ada di dunia.

4. Indomie

(Foto via www.indomie.com)
(Foto via www.indomie.com)

Merek mie instan yang satu ini merupakan salah satu kebanggaan produk makanan di Indonesia. Tak hanya digemari di dalam negeri, ternyata cita rasa Indomie juga mampu dinikmati oleh masyarakat di dunia. Bahkan, produk mie instan buatan PT Indofood Sukses Makmur Tbk tersebut pernah meraih penghargaan sebagai mie instan paling enak di dunia.

5. Tolak Angin

(Foto via tolakangin.co.id)
(Foto via tolakangin.co.id)

Tolak Angin mampu menjadi bukti bahwa jamu Indonesia memiliki khasiat yang luar biasa. Produk yang di produksi oleh PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk. ini telah mampu menembus pasar internasional di seperi Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, Rusia, dan masih banyak lagi. Tolak Angin sudah ada sejak tahun 1941, berawal dari bentuk serbuk, kemudian berinovasi menjadi bentuk cair dan tablet.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Sukses Mendunia, Inilah 13 Produk Indonesia yang Menembus Pasar Internasional dan Sering Dikira Produk Luar Negeri
[2] 10 Produk Indonesia Ini Ternyata Laris di Luar Negeri! Lihat Kalau Gak Percaya

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button