Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar Kreatif

5 Rekomendasi Aplikasi Komunikasi Terbaik di Era New Normal

Indiekraf.com – Pada saat new normal seperti sekarang, kegiatan di rumah (work from home) dan social distancing atau menjaga jarak antar sesama merupakan anjuran yang harus dipatuhi. Hal ini tentunya membuat sebagian Masyarakat atau Komunitas mau tidak mau harus mengurangi komunikasi bertatap muka secara langsung dengan client atau anggota mereka. Berkomunikasi menggunakan aplikasi secara online adalah salah satu solusi agar komunikasi tetap bisa terlaksana dengan baik dan efektif.

Berikut adalah 5 aplikasi komunikasi terbaik yang bisa Anda gunakan:

Slack

Aplikasi Slack merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk berkomunikasi secara online, terlebih jika Anda memiliki rekan kerja atau anggota komunitas yang berjumlah sangat banyak. Aplikasi ini juga mendukung fitur panggilan video kepada 15 orang dalam sekali panggilan. Tak hanya itu, Slack juga bisa memungkinkan Anda untuk mengirim dokumen kepada client atau anggota Anda.

Discord

View this post on Instagram

Click the link in the bio to learn more.

A post shared by Discord (@discord) on

Sekilas, aplikasi ini memiliki kemiripan dengan Slack dari segi fitur hingga tampilan. Discord merupakan aplikasi yang berhubungan dengan industri game dan fokus terhadap pemain itu sendiri, tidak seperti Slack yang fokus pada profesionalisme. Discord cocok untuk Anda gunakan jika Anda adalah seorang gamer atau memiliki komunitas yang bergerak di dunia game.

Whatsapp

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan bisa diakses melalui smartphone atau laptop. Whatsapp memungkinkan Anda untuk membuat group dengan client atau anggota komunitas Anda yang memungkinkan untuk 200 an orang bisa bergabung. Aplikasi ini juga mendukung fitur video call yang kabarnya telah bisa mendukung video call ke 50 orang dalam satu panggilan.

Telegram

Salah satu kelebihan Telegram dari Whatsapp adalah fitur membuat channel yang bisa menampung sebanyak mungkin anggota yang ingin bergabung. Selain itu, fitur group di Telegram juga bisa menampung hingga 100.000 anggota. Anda juga bisa mengirimkan document melalui aplikasi ini kepada client atau anggota Anda.

Facebook

Jika Anda adalah orang yang bergabung di sebuah komunitas, sudah saatnya Anda memanfaatkan Facebook untuk memberikan informasi mengenai kegiatan yang komunitas Anda lakukan kepada masyarakat. Melalui Facebook, kegiatan atau event yang akan komunitas Anda lakukan akan tersesampaikan kepada masyarakat secara luas dengan mudah. Aplikasi ini juga bisa membantu

Meski dilakukan secara online, terdapat beberapa tata krama yang sebaiknya Anda perhatikan, antara lain:

  • Menggunakan bahasa yang baik dan sopan
  • Tidak menyebar HOAX atau SARA
  • Lebih baik menggunakan foto asli yang sopan sebagai foto profil
  • Usahakan untuk segera membalas pesan yang Anda terima (fast respon)

Dengan menggunakan aplikasi diatas akan membantu Anda dalam melakukan koordinasi atau komunikasi dengan client atau anggota Anda tanpa harus bertemu secara langsung. Anda bisa menjalankan new normal dengan aman dan efektif.

 

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button