Desain InteriorIndustri KreatifTips Kreatif

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Aquascape, Keindahan Dibalik Kaca Bernilai Jutaan Rupiah

Aquascape merupakan hobi yang sudah cukup populer di Indonesia, tidak ada salahnya anda jadikan hobi ini sebagai ladang bisnis!

INDIEKRAF.COM – Pernahkah anda melihat sebuah aquarium yang ditata sedemikian rupa sekaligus dengan berbagai ikan yang ada di dalamnya ? Indah bukan? Bagi para penggemar ikan hias dan tanaman pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Aquascape. Ya, Aquascape adalah seni menata dan mendekorasi tanaman, air batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium. Bisa dikatakan kegiatan ini semacam berkebun di bawah air.

Belakangan, bisnis aquascape mulai banyak yang menggeluti. Bisnis ini membutuhkan kreativitas, keuletan, dan kesabaran. Tak heran, hasil karya aquascape bisa dihargai begitu mahal. Walaupun masih tergolong jenis bisnis yang belum begitu familiar, namun bisnis ini termasuk cukup menjanjikan.

Baca juga:

Nah, bila anda tertarik untuk memulai bisnis Aquascape, ada baiknya anda mempersiapkan hal-hal berikut ini!

  1. Mempersiapkan Media tanam
via bacaterus.com

Penggunaan media tanam sangat berpengaruh terhadap  pertumbuhan tanaman air di dalam aquarium. Jenis media tanam yang biasa digunakan adalah soil atau pasir yang memiliki tingkat atau kadar pH mencapai 6,5. Adapula yang memakai media tanam berupa pasir dengan campuran tanah.

2. Pelajari Desain Unik dan Menarik

via hobinatang.com

Keindahan merupakan unsur utama dalam bisnis ini. Untuk membuat sebuah dekorasi yang menarik, tentunya perlu untuk mengamati dan belajar tentang desain dari produk-produk Aquascape yang sudah pernah dibuat. Anda bisa belajar untuk membuat kombinasi antara tanaman hias air, ikan hias dan berbagai aksesoris tambahan agar terlihat unik dan menarik.

3. Siapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

via hobinatang.com

Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya anda mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan seperti aquarium, filter, difuser, lampu, dan akseoris dekorasi seperti tanaman, batu, kayu dan pasir.

4. Pelajari Teknik

via fimela.com

Mempelajari teknik sebelum memulai sebuah usaha adalah awal yang bagus agar terhindar dari kegagalan. Anda bisa memanfaatkan internet hingga forum-forum yang menggeluti bidang yang sama untuk mendapatkan informasi tentang teknik-teknik pembuatan Aquascape

5. Trial and Error

via bacaterus.com

Anda bisa melakukan percobaan dan pelatihan sebelum benar-benar menjual produk anda. Berlatih akan mengasah skill anda dalam mendekorasi aquarium anda. Selain itu, anda juga dapat meminta pendapat orang lain atas karya anda.

Nah, itulah beberapa tips sebelum memulai bisnis Aquascape, Selamat mencoba ya!

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close