Acara KreatifDesain ProdukDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifKriyaPelaku Kreatif

Action Figure BIMA-S:  Boneka Aksi Karya Anak Bangsa

Indiekraf.com – Karakter ‘BIMA S’ memang banyak digemari. Karakter satria karya anak bangsa ini kembali hadir dengan versi berbeda. Action Figure BIMA-S kini sudah diluncurkan dan siap untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia. Boneka aksi ini juga merupakan yang pertama di Tanah Air yang menggunakan Intellectual Property (IP), lho. 

Action Figure BIMA-S:  Boneka Aksi Karya Anak Bangsa

Serial animasi, BIMA-S, kini mendapat sorotan. Karya animasi yang diproduksi oleh MNC Animations ini baru saja merilis action figure BIMA-S! Pada Launching MNC Licensing BIMA-S Toys, peluncuran boneka aksi ini turut dihadiri oleh Sandiaga Salahuddin Uno. Selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengapresiasi peluncuran karya anak bangsa tersebut.

Pada Rabu (16/6) lalu, dirinya juga menjelaskan bahwa kini ekosistem ekonomi kreatif memiliki keterhubungan antara sistem satu dengan lainnya. Dirinya mengatakan bahwa kreasi, konsumsi, produksi, distribusi, sampai konservasi menjadi rantai nilai ekonomi kreatif. Selain itu, penting juga untuk pelaku kreatif agar memberikan nilai tambah pada produk yang diluncurkan.

Action Figure BIMA-S Diharap Bisa Jadi Pilar Ekosistem Ekonomi Kreatif

Pandemi COVID-19 kini memaksa masyarakat untuk bisa bertransformasi di berbagai bidang. Hal ini juga berlaku di dunia industri kreatif. Jika biasanya masyarakat terfokus hanya pada boneka aksi dari luar negeri, kini Indonesia sudah punya action figure versi lokal. Menparekraf juga mengatakan bahwa ikon seperti BIMA-S bisa menjadi pendukung pilar ekosistem ekonomi kreatif. 

“Hari ini kita punya harapan baru agar ikon-ikon seperti Bima bisa menjadi pilar ekosistem ekonomi kreatif. Dari Kementerian Perindustrian juga mendukung, saya meyakini ini akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.,” jelasnya. Ia juga berharap bahwa diluncurkannya action figure BIMA-S mampu menyulut semangat baru untuk anak bangsa berkarya.

Dukungan Kemenparekraf dalam Karya Anak Bangsa

Angela Tanoesoedibjo selaku Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) turut hadir dalam acara tersebut. Ia menambahkan bahwa saat ini Kemenparekraf siap mendukung dari berbagai sisi untuk mendukung karya anak bangsa. Mereka juga akan menyiapkan SDM, pelatihan hingga pendampingan. Tak hanya itu, mereka juga akan memudahkan perizinan karena IP akan dilindungi dalam HAKI. 

“Kemenparekraf dalam mendukung industri kreatif, kami selalu bekerja dengan komprehensif, kita sedang menyusun dan dalam tahap finalisasi turunan dari UU ekonomi kreatif terkait HAKI.” terangnya.

Baca Juga Gundam Live-Action Hadir di Netflix, Kapan Tayang?

Related Articles