Industri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Ada yang Baru di Taman Bumiaji, Kota Batu, Apaan tuh?

Indiekraf.com – Semenjak pandemi COVID-19 melanda Tanah Air, kini lokasi wisata banyak mengalami penurunan pengunjung. Bagaimana tidak, kini banyak masyarakat yang masih ‘ogah’ untuk keluar rumah apalagi berlibur karena takut terpapar virus berbahaya ini. Namun setelah kelaziman baru (new normal), situasi daerah wisata mulai membaik lho. Hal itu berlaku juga di Kota Batu.

Kini ada hal baru yang menarik di Taman Bumiaji Kota Batu. Di sana kini banyak berjajar bunga hortensia yang beraneka warna menghiasinya! Kecamatan Bumiaji memang terkenal dengan desa-desa nya yang memiliki berbagai potensi pertanian, salah satunya adalah di sektor tanaman hias. Dalam rangka meningkatkan potensi tersebut, taman di kantor kecamatannya mulai dihiasi tanaman hotonesia. 

Suasana Asri dan Sejuk 

Taman tersebut sendiri terletak di bagian depan kantor dan memiliki luas sekitar 10 meter persegi. Bisa dibilang bahwa lokasi ini merupakan hutan buatan. Meski begitu, area ini memiliki pohon-pohon pakis yang menjulang tinggi sehingga membuat suasana taman semakin sejuk. Tanaman hortonesia pun ikut menghiasi sehingga keasrian taman tersebut semakin tinggi.

Sumber : Instagram @kecamatan_bumiaji

Menjadi Lokasi Instagrammable

Di area tersebut juga dihiasi dengan landmark bertuliskan ‘Bumiaji’ yang dibentuk dengan tanaman hijau. Dilengkapi dengan pintu masuk gapura dan kursi yang terbuat dari bambu menjadikan tempat ini semakin instagrammable! Pihak kecamatan Bumiaji sendiri sudah menyiapkan jalan masuk ke dalam taman agar tetap menjaga keasrian tanaman dan rumput yang sudah tertanam. Karena keunikan ini, tak sedikit akhirnya para wisatawan mencoba mampir ke taman hortonesia yang ada di sana. Bukan sekedar menikmati suasana taman yang menyegarkan mata, para pengunjung juga kerap mengambil momen dengan berfoto di kawasan Kecamatan Bumiaji ini.

Baca Juga Profil Kota/Kabupaten Kreatif – Kabupaten Bantul

Berawal dari Keluhan Petani Hortonesia

Namun tahukah kalian bahwa dibalik kecantikan taman ini ada fakta unik di baliknya? Sekretaris Kecamatan Bumiaji, Bambang Hari Sulian, mengatakan bahwa taman tersebut bisa disulap menjadi cantik karena berawal dari kondisi petani hortonesia di Desa Tulungrejo. Pasalnya, semenjak pandemi para petani tersebut mengalami kerugian mencapai puluhan juta karena banyaknya bunga yang tak laku terjual.  Mengetahui hal tersebut, Camat Bumiaji Aditya Prasaja langsung membantu dengan membeli setidaknya 400 potong bunga hortensia untuk di tata menjadi taman kantor. Hal itu diikuti juga dengan para pegawai sebanyak 42 orang yang ikut mengumpulkan dana untuk membeli bunga tersebut.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button