Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKota KreatifPelaku Kreatif

Bali Punya Pusat Vaksinasi Drive-Thru, Pertama di Asia Tenggara!

Indiekraf.com – Pandemi COVID-19 di Indonesia kini memang terbilang memasuki fase ‘landai’. Hal ini juga yang bisa menjadi suntikan semangat untuk dilangsungkannya program vaksinasi COVID-19. Saat ini program vaksinasi sudah masuk ke tahap dua dan sudah mulai dilangsungkan di sejumlah daerah di Indonesia. Salah satu daerah tersebut adalah Pulau Dewata, Bali. Kabarnya, kini Bali punya pusat vaksinasi drive-thru lho! Seperti apa, tuh?

Bali Punya Pusat Vaksinasi Drive-Thru, Pertama di Asia Tenggara!
Sumber : Instagram @pemprov_bali

Bali Punya Pusat Vaksinasi Drive-Thru: Jadi yang Pertama di Indonesia

Pada program vaksinasi tahap dua ini, pemerintah dan tenaga kesehatan menargetkan vaksin untuk para pekerja di sektor publik. Sejumlah pekerja seperti pekerja di bidang transportasi, perhotelan hingga pariwisata kini masuk ke dalam jajaran penerima vaksin. Dengan adanya hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama dengan Grab dan Good Doctor membuat program baru.

Kini, Bali punya pusat vaksinasi Drive-Thru sebagai program tersebut. Pusat vaksinasi drive-thru ini juga merupakan yang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara!

Hadirnya Inovasi Bernama ‘Grab Vaccine Center’

Program vaksinasi yang dijalankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan Grab dan Good Doctor diberi nama ‘Grab Vaccine Center’. Inovasi pusat vaksinasi drive-thru ini menjadikan Grab dan Good Doctor sebagai mitra sektor swasta pertama yang akan membantu pelaksanaan program vaksinasi di Indonesia. 

Adanya program ini pun mengedepankan pendekatan serta penerapan teknologi. Peluncuran Grab Vaccine Center dilakukan pada 27 Februari 2021 dan akan beroperasi hingga 5 Maret 2021. Untuk gelombang kedua, pusat vaksinasi ini akan kembali beroperasi pada 13 sampai 19 Maret 2021. Lokasinya berada di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Apresiasi dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terkait Kerjasama Ini

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia memberikan apresiasinya terkait kerjasama ini. “Membangun pusat vaksinasi merupakan prioritas nasional dan program berskala besar, yang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk sektor swasta seperti Grab dan Good Doctor yang memiliki pengalaman logistik yang mumpuni dan mampu melaksanakannya dalam waktu yang singkat,” jelas Budi dalam webinar pada Minggu (28/2).

Melalui program pusat vaksinasi, Grab dan Good Doctor bisa mempermudah alur komunikasi calon penerima vaksin untuk menerima vaksin. Hal ini juga termasuk dalam melakukan proses penyaringan awal secara online. Nantinya, calon penerima vaksin hanya perlu memanfaatkan layanan GrabHealth untuk melakukan proses pra-registrasi. 

Baca Juga Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif Dapat Prioritas Vaksinasi?

Related Articles