Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

#BeliKreatifDanauToba Jadi Bentuk Dukungan untuk UMKM Dari Pemerintah dan Grab

Indiekraf.com – Di masa pandemi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dirasa perlu mendapat perhatian khusus. Sulitnya keadaan membuat para pelaku UMKM kini tengah sibuk memutar strategi demi melangsungkan usaha mereka. Sebagai salah satu bentuk dukungan, Grab bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melangsungkan program dengan tajuk #BeliKreatifDanauToba. Seperti apa keberlangsungan program tersebut?

#BeliKreatifDanauToba Jadi Bentuk Dukungan untuk UMKM
Sumber : grab.com

#BeliKreatifDanauToba Jadi Upaya Mendukung Keberlangsungan UMKM Tanah Air

Sebagai upaya mendukung kegiatan dan keberlangsungan UMKM di Tanah Air, Grab bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melangsungkan program. Program yang diberi nama #BeliKreatifDanauToba ini diharap bisa mendorong keberhasilan bagi pelaku UMKM ekonomi kreatif. Pandemi COVID-19 yang hingga kini belum kunjung usai pun menjadi tantangan terbesar bagi pelaku UMKM.

Kolaborasi antara Pemerintah dengan aplikasi super app ini juga dilakukan sebagai upaya percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Berbagai Upaya Demi Melancarkan Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Dalam hal ini, Grab memfokuskan pihaknya ke bidang promosi perjalanan dan eksplorasi wisata khususnya Danau Toba. Dengan beberapa langkah seperti pelayanan Grab, pelatihan peningkatan kualitas layanan dari merchant dan mitra pengemudi diharap bisa membantu keberhasilannya. Selain itu, ada pula penyediaan paket promosi wisata, dukungan penerapan CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 

Adanya kerjasama ini juga merupakan tindak lanjut dari program Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021. Program tersebut dilakukan untuk mengangkat 5 destinasi super prioritas di Tanah Air. Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia memberi keterangan terkait hal ini. “Sebagai salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas, Danau Toba memiliki potensi yang sangat besar, baik dari segi pariwisata maupun dampaknya bagi masyarakat dan UMKM sekitarnya.” jelasnya.

#BeliKreatifDanauToba Jadi Peluang Pelaku Bisnis untuk Bertahan

Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia memberi pernyataan terkait kerjasama ini. “Program Beli Kreatif Lokal di Danau Toba bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat bertahan dalam situasi yang penuh tantangan ini.” ucapnya.

Pihaknya juga berharap dengan adanya program ini bisa meningkatkan lapangan kerja di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia. 

Baca Juga Kemenparekraf Berencana Gandeng Grab Indonesia, Dalam Rangka Apa?

Related Articles