Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Benarkah Kini Pengguna TikTok Sudah Melewati Instagram?

Indiekraf.com – TikTok belum lama ini berhasil mencapai pencapaian terbaru. Tidak asing lagi, media sosial berbasis video ini memang sedang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia hingga dunia. Kabarnya, mereka berhasil mencapai angka yang sangat besar untuk pengguna bulanan. Kok bisa ya? Kira-kira berapa pengguna TikTok per bulan saat ini? Yuk simak artikel berikut!

Berapa Banyak Pengguna TikTok Per Bulan Saat Ini?

Sudah tidak mengherankan jika TikTok saat ini berhasil menggaet lebih banyak pengguna. Beberapa tahun terakhir, popularitas dari media sosial tersebut pun semakin memuncak. Kabar terbarunya, media sosial ini berhasil meraih rekor terbaru mereka.

Saat ini, pengguna TikTok per bulan mencapai angka 1 miliar akun. Hal ini diumumkan secara langsung oleh pihak TikTok lewat blog resmi mereka. “Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia kini datang ke TikTok setiap bulannya untuk mencari hiburan, saat mereka belajar, tertawa, atau menemukan hal baru,” tulis pihaknya.

Berapa Pengguna TikTok pada Awal Tahun 2020?

Meski sudah ada dari beberapa tahun lalu, aplikasi TikTok memang belum lama mencapai puncak popularitas mereka. Hal ini terlebih dialami di masa pandemi COVID-19. Semenjak pandemi, aplikasi ini berubah menjadi aplikasi yang sangat populer di masyarakat.

Bahkan, mereka berhasil menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada kuartal pertama tahun 2020. Adanya peningkatan popularitas mereka membuat pendapatan ByteDance semakin tinggi. Berdasarkan laporan, peningkatan pendapatan tersebut mencapai dua kali lipat dari tahun 2019 menjadi Rp487,5 triliun. Sebenarnya berapa pengguna TikTok pada awal tahun 2020 lalu? Menurut analisa dari SensorTower, aplikasi TikTok sudah diunduh sebanyak 315 juta kali di periode tersebut. Jumlah yang gak sedikit, kan?

Adanya Reels hingga YouTube Shorts Saat Ini

Prestasi besar yang diraih oleh TikTok membuat Instagram dan YouTube melirik hal yang sama. Mereka memanfaatkan potensi ini untuk membuat hal yang serupa di platform masing-masing. Instagram pun merilis fitur Reels yang memudahkan penggunanya untuk membuat video pendek. YouTube Shorts juga tak mau kalah dengan membuat berbagai keuntungan bagi para kreatornya. 

Baca Juga Bisakah YouTube Shorts Mengalahkan Popularitas TikTok?

Jumlah View Youtube Bisa Berkurang, Kenapa ya?

Related Articles