fbpx
Industri KreatifKabar KreatifMusikPelaku Kreatif

Billie Eilish Ternyata Mengidap Sindrom Tourette, Apa itu?

Indiekraf.com – Kesuksesan yang diraih oleh Billie Eilish sekarang ternyata tidak didapatkan secara instan. Telah mendapatkan berbagai macam penghargaan internasional di umur 19 tahun membuatnya sebagai salah satu musisi muda yang menjadi inspirasi bagi banyak anak muda zaman sekarang. Namun, tahukah kamu jika penyanyi asal Amerika Serikat tersebut memiliki sindrom tourette?

Billie Eilish telah didiagnosis dengan sindrom tourette ketika dia masih kecil. Perjuangan dalam melawan gangguan tersebut ternyata telah Ia lakukan sejak lama. Bukan tidak mudah, penyanyi yang lahir di tahun 2001 tersebut bahkan sempat enggan tampil di depan publik akibat sindrom ini.

Baca juga Heboh! Grammy Awards 2021 Dituduh Melakukan Korupsi

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan sindrom tourette? Dikutip dari alodokter.com, sindrom tourette adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya tiba-tiba melakukan gerakan atau ucapan berulang yang tidak disengaja dan di luar kendali, yang disebut tic. Kondisi tersebut pada umumnya banyak diderita oleh anak-anak pada usia 2 hingga 15 tahun. Selain itu, sindom ini lebih umum terjadi pada anak laki-laki dibanding anak perempuan.

Gangguan tic biasanya hanya bertahan selama satu tahun. Namun, pada anak yang memiliki sindrom tourette, gangguan tersebut dapat berlangsung hingga lebih dari satu tahun. Selain itu, gangguan ini dapat muncul dalam berbagai macam perilaku.

Baca juga 5 Rekomendasi Film Dokumenter Musisi Terbaik di Netflix

Hingga saat ini, masih belum diketahui penyebab pasti sindrom tourette yang terjadi pada anak. Namun, para peneliti memiliki beberapa dugaan jika gangguan tersebut dapat disebabkan oleh faktor sistem saraf otak yang cacat. Selain itu, faktor genetik juga diduga sebagai salah satu penyebabnya, atau dengan kata lain, gangguan ini dapat diwarisi dari orang tua.

Sindrom ini bisa dibilang sangat serius. Gejala tic akan semakin buruk jika penderitanya sering mengalami stress, cemas, kelelahan, atau sebaliknya terlalu bersemangat. Selain itu gangguan ini masih bisa terus berkembang saat masa transisi dari masa remaja ke masa dewasa. Mengetahui hal tersebut, sudah selayaknya kita sebagai fans untuk terus mendukung dan men-support Billie Eilish agar dapat segera pulih dari sindrom tourette.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish
[2] Sindrom Tourette via Alodokter

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button