ArsitekturDesain InteriorDesain ProdukDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismPelaku KreatifWisata Kreatif

Bobobox Optimis Bangkitkan Industri Pariwisata Lokal

Indiekraf.com – Di masa pandemi, hampir seluruh sektor industri termasuk industri kreatif perlu mengatur strategi. Hal ini tak lain untuk menghadapi dampak dari pandemi itu sendiri. Salah satu startup proptech, Bobobox, berusaha untuk terus berinovasi dalam menghadapi efek dari pandemi COVID-19.

Bobobox Optimis Bangkitkan Industri Pariwisata Lokal
Sumber : Instagram @bobobox_id

Bobobox Luncurkan Dua Produk Baru di Masa Pandemi

Pada bulan Maret 2020 lalu, Bobobox dikabarkan mendapatkan pendanaan seri A. Hal itu tentu menjadi suntikan amunisi untuk keberlangsungan bisnis mereka. Mereka pun berhasil meluncurkan dua jenis produk baru. Dua produk tersebut merupakan Boboliving dan Bobocabin. Boboliving sendiri merupakan produk jasa akomodasi dengan mengusung konsep co-living. Sedangkan, Bobocabin merupakan produk akomodasi dengan konsep berbeda yaitu glamping atau glamour camping

Tak hanya berkat pendanaan saja, kerja keras tim Bobobo menjadi kunci keberhasilan mereka. Dikutip dari Daily Social, Indra Gunawan selaku Co-Founder dan CEO Bobobox memberikan keterangannya. “Sebagai hasilnya, kami berhasil mendapat pemulihan kurva V (V shape recovery) yang jauh lebih cepat dari yang kami prediksi. Ini juga fakta bahwa 90% pasar kami adalah domestik, berhasil membantu kami untuk bertahan lebih baik dari krisis,” jelas Indra.

Tamu Domestik yang Menginap dalam Jangka Panjang Saat Pandemi

Indra menyebutkan bahwa adanya inovasi dua produk barunya tercipta dari hasil temuan internal perusahaan dari para konsumen. Pihak mereka menemukan adanya fakta bahwa pasar domestik bangkit lebih cepat. Hal ini dibuktikan dari masa inap yang semakin meningkat dibandingkan sebelumnya.

Sebelumnya, perkiraan masa inap konsumen mereka ada pada 1-2 hari. Saat pandemi, angka tersebut naik hingga satu minggu atau bahkan bulanan. Hal ini dilaporkan dari laporan Bobobox dimana tamu jangka panjang semakin banyak di masa pandemi. Beberapa kemungkinan mengenai hal ini terbagi menjadi dua. Konsumen yang masih bekerja dari kantor namun ingin menghindari perjalanan jarak jauh dan konsumen yang work from home namun ingin merasakan fasilitas memadai.

Bobocabin dan Boboliving dengan Teknologi Canggih

Kedua produk baru milik Bobobox ini memiliki banyak keunggulan. Untuk Bobocabin sendiri dirancang dengan desain adaptasi modular yang futuristik. Dalam Bobocabin bisa digunakan untuk dua orang dewasa serta satu anak dengan memperhatikan pembatasan jarak sosial. Sedangkan Boboliving mengusung konsep mirip dengan indekos dengan fasilitas yang lebih luas untuk area kerja. Kapsul ini bisa disewa mulai dari harian sampai tahunan lho.

Related Articles