Digital KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Bus Listrik Jakarta Siap Beroperasi, Fakta atau Hoax?

Indiekraf.com – Teknologi yang semakin maju kini mulai terasa di Ibu Kota. Kabarnya, bus listrik Jakarta akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Bus listrik tersebut tentunya sangat ditunggu kehadirannya oleh masyarakat. Seperti apa kira-kira bentuk dari bus listrik yang akan segera hadir ini?

Bus Listrik Jakarta Siap Beroperasi, Fakta atau Hoax?

Beberapa waktu lalu, beredar kabar tentang hadirnya bus listrik di Jakarta. Unit bus tersebut diperkenalkan oleh salah satu operator Trans Jakarta, Mayasari Bakti. Bus tersebut adalah unit berlantai rendah dengan merk BYD K9. Bus ini sendiri diperkenalkan ke masyarakat lewat unggahan di Instagram Mayasari Bakti.

Ada juga kabar yang menyebutkan bahwa bus ini memiliki 30 unit yang didatangkan utuh dari Tiongkok. Masyarakat pun merasa semakin penasaran dan ingin segera merasakan sensasi bus listrik tersebut.

20 Unit Bus Listrik Jakarta Siap Beroperasi

Ketua DPD Organda DKI Jakarta yaitu Shafruhan Sinungan mengkonfirmasi kabar bus listrik Jakarta ini. Dikutip dari Kompas, dirinya memaparkan kesiapan bus tersebut untuk segera beroperasi. “Benar, PT Mayasari Bakti sudah mempersiapkan bus listrik untuk operasional di beberapa rute yang terintegrasi dengan rute TransJakarta,” terang Shafruhan.

Dirinya pun menjelaskan bahwa sejauh ini ada 20 unit yang siap untuk beroperasi. Sedangkan, sepuluh unit lainnya sedang dalam proses dan akan segera bisa beroperasi setelahnya. 

Rencana Dirilis pada HUT DKI Jakarta ke-494

Peluncuran bus listrik Jakarta ini sendiri ditargetkan pada HUT DKI Jakarta pada 22 Juni 2021 lalu. Akan tetapi, perilisannya terpaksa ditunda. “Namun perilisan bus listrik ini harus mundur karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda,” tutur Shafruhan. Meski begitu, antusiasme masyarakat terhadap kehadirannya masih belum juga surut.

Bus listrik ini sendiri merupakan unit model low-deck. Hal ini membuat bus tersebut tidak bisa beroperasi di jalur khusus Trans Jakarta. Bus Mayasari Bakti ini akan beroperasi di koridor 1 sebagai bus yang sudah terintegrasi dengan Trans Jakarta. 

Baca Juga Art Moments Jakarta Online: Pameran Seni Rupa Daring Tanah Air

Fasilitas Pengelolaan Sampah Antara Akan Hadir di Jakarta!

Related Articles