Acara Kreatif

Capaian Vaksinasi Di Kota Malang Terus Meningkat Jelang Mudik Lebaran, Ini Himbauan Dinkes!

Indiekraf.com-Pelaksanaan vaksinasi massal di beberapa titik di kota Malang semakin digalakkan oleh seluruh stakeholder menjelang hari raya idul fitri 1443 Hijriah tahun 2022 ini. Bahkan target sejuta vaksin dari Kepolisian Repupublik Indonesia (Polri) terus digalakkan, salah satunya menggandeng Kementrian agama kota malang, serta PCNU kota malang dengan melaksanakan vaksinasi massal di Masjid Sabillilah Kota Malang pada Jumat (22/04/22) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif memberi apresiasi positif terhadap pelaksanaan vaksinasi massal tersebut. Dari target 1.000 dosis setidaknya disuntikkan 500 dosis vaksin jenis Astrazeneca dan Pfizer untuk dosis kedua dan ketiga. Menurutnya, vaksinasi di Kota Malang menjelang momen Lebaran ini sebesar 33,12 persen, angka itu lebih tinggi dari capaian Provinsi Jawa Timur. Untuk vaksinasi di fasilitas kesehatan maupun di tempat lain terus berjalan, serta terus diintensifkan untuk memperbesar kekebalan komunal dan menekan Covid-19.

Saat Lebaran nanti, terang dr. Husnul, vaksinasi, tes usap dan pemeriksaan kesehatan akan hadir di pos pelayanan yang ada di area Stasiun Malang Kota Baru.

Baca juga:

“Jika memungkinkan dan memang dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan pelayanan lengkap seperti itu akan dihadirkan di pos pelayanan lain, seperti di Stasiun Kota Baru,” imbuhnya.

Hingga saat ini, kata pria berkacamata itu, stok vaksin di Dinas Kesehatan maupun di sejumlah fasilitas kesehatan masih mencukupi, terutama untuk vaksinasi menjelang momen Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah.

“Apabila dalam waktu dekat membutuhkan tambahan, kami akan segera berkoordinasi dengan Pemprov Jatim,” urainya.

“Dari vaksinasi seperti ini, kami berharap warga yang hendak mudik bisa merasa lebih aman dan sehat. Meski demikian, walaupun warga sudah menerima vaksin kedua atau ketiga, hendaknya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena pandemi ini belum berakhir,” tambah dr. Husnul.

Pernyataan senada disampaikan oleh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto. Menurutnya, meski vaksinasi sudah maksimal dan Covid-19 terus menurun, khususnya di Kota Malang, namun warga tidak boleh lengah.

“Antusias warga untuk melaksanakan vaksinasi cukup tinggi dan ini merupakan hal yang baik. Vaksinasi di area Masjid Sabilillah ini akan berlanjut dan akan digelar setelah salat tarawih. Bersama instansi lain, kami akan terus menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat,” pungkasnya.

Related Articles