Industri KreatifKabar KreatifKota KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Danau Toba Tetap Buka Meski Pandemi, Bagaimana Keadaannya?

Indiekraf.com Meski di tengah pandemi, lokasi wisata Danau Toba ternyata tetap buka. Namun, ada beberapa perubahan yang terletak di lokasi wisata ini. Kira-kira apa saja ya yang berubah dari salah satu wisata danau tercantik di Indonesia ini?

Wagubsu Ajak Wisatawan Beriwsata ke Danau Toba
Dinas Kominfo Sumut (Sumber: Waspada.co.id)

Ajakan Wagubsu Untuk Datang ke Danau Toba

Musa Rajekshah selaku Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) turut mengajak para wisatawan untuk datang ke lokasi wisata Danau Toba. Ajakan ini bahkan berlaku pula untuk wisatawan domestik maupun internasional. Pandemi COVID-19 memang masih belum singgah dari Tanah Air, tetapi Wagubsu menegaskan pada masyarakat untuk tidak takut bepergian selama menerapkan protokol kesehatan. 

Danau Toba di Masa Pandemi

Wagubsu yang sempat berkunjung ke pusat Informasi Geopark Kaldera Toba itu pun memberikan keterangannya. “Sejak pandemi Covid-19 melanda, jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba turun drastis. Ini mengakibatkan roda perekonomian di kawasan ini sempat terganggu. Makanya, saya mengajak masyarakat tidak takut berkunjung ke Danau Toba dengan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan),” ujar Wagubsu, dikutip dari Waspada.  

Tak hanya Wagubsu, turut hadir pula Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Sejumlah anggota DPR RI lainnya juga ikut meramaikan seperti  hadirnya Nurul Qomaril Arifin, Sari Yuliati, Ilham Pangestu, Rudi Mas’ud, Lamhot Sinaga, Irene Ratna Kartikasapti, dan beberapa anggota DPRD Sumut lainnya.

Baca Juga 3 Alasan Desa Wisata Bisa Jadi Solusi Pengembangan Daerah

Penerapan Protokol Kesehatan yang Ketat

Musa pun mengimbau untuk para pengelola lokasi wisata agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Protokol kesehatan tersebut juga harus sesuai dengan anjuran pemerintah serta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. “Kita berharap seluruh pengelola wisata tetap harus menerapkan protokol kesehatan demi menekan angka penyebaran Covid-19,” harap Musa.

Selain itu, protokol kesehatan yang diterapkan di lokasi wisata Danau Toba antara lain penyediaan tempat cuci tangan, penyediaan hand sanitizer, pembatasan jumlah pengunjung sampai pengaturan jarak pengunjung. Musa menambahkan “Selain ingin melihat langsung roda wisata di tengah pandemi sekaligus memperkenalkan wisata Danau Toba ke kancah internasional. Kita juga ingin melihat sejauh mana tempat wisata menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi,”.

Related Articles