Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku KreatifReview Startup

Dapatkan Plasma Konvalesen Untuk Covid-19 Melalui akdoplak.com

Indiekraf.com – Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Banyak penderita yang membutuhkan bantuan medis untuk bisa pulih dari penyakit yang ditimbulkan oleh virus tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan plasma konvalesen.

Plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari orang yang sudah sembuh dari Covid-19. Dalam plasma tersebut terkandung antibodi yang mampu membantu tubuh pasien yang menerimanya untuk membangkitkan antibodi yang bisa melawan virus corona. Beberapa rumah sakit di Indonesia juga telah menerapkan metode ini karena dinilai cukup efektif untuk menyembuhkan pasien yang terkena virus tersebut.

Baca juga YSKK: UMKM Butuh Bantuan Pemasaran Untuk Bangkit Dari Pandemi Covid-19

Namun, seperti penjelasan diatas, plasma konvalesen berasal dari orang yang sudah sembuh dari Covid-19. Sehingga, membuat kebutuhan akan plasma tersebut sangat tidak mudah untuk dicari. Padalah, kebutuhan atau para pencari plasma darah ini sangat banyak. Oleh karena itu, dr. Khoirul Hadi SpKk yang juga seorang penyintas covid mengembangkan aplikasi bernama akdoplak.com.

akdoplak.com adalah sebuah aplikasi untuk menghimbau dan mengajak kepada para penyintas Covid-19 untuk berkenan mendonorkan plasmanya. Selain itu, para pencari plasma konvalesen juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk memperoleh informasi ketersediaan plasma tersebut. Dengan mempertemukan pihak penyitas dan pencari, aplikasi ini sangat membantu untuk menghilangkan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca juga Peran Influencer Dalam Program Vaksinasi Covid-19

Menurut dr. Khoirul, penggunaan metode plasma ini untuk menyembuhkan pasien cukup efektif. “Saya sendiri sebulan yang lalu juga terpapar covid berat dan sudah masuk ICU dr RS Muwardi Solo, hari ke-2 di icu saya mendapatkan plasma konvalesen, dan empat hari kemudian diperiksa swab PCR langsung sudah negatif, beberapa kawan yang pernah menerima plasma konvalesen juga menceritakan kehebatan plasma konvalesen yang dipakai untuk pengobatan sangat efektif,” tulisnya melalui website akdoplak.com.

“Kalaulah dari 480 ribu para penyintas covid ini berkenan berdonor plasma maka akan menjadi kekuatan yang sangat dahsyat untuk bisa membantu mengobati pasien-pasien lainnya, darah menyembuhkan darah, nyawa menolong nyawa yang lain,” tambah dr. Khoirul. Oleh karena itu, aplikasi ini perlu didukung dengan cara mempublikasikannya secara luas. Aplikasi ini jauh dari bersifat mencari keuntungan. Ini adalah bentuk murni gerakan aksi kemanusian yang semoga dapat memberikan kemanfaatan bagi sesama manusia, khususnya para penderita Covid-19 di Indonesia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Articles