Acara KreatifDesain ProdukIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Desain Suatu Produk Bisa Memengaruhi Selera Pasar, Benarkah?

Indiekraf.com – Kementerian Perindustrian baru saja menyelenggarakan ajang bergengsi yang juga menuai kesuksesan. Ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020 pastinya sudah tak asing bagi masyarakat. Seperti apa keseruan di acara tersebut?

Sumber : Instagram @finkomodo

Ajang Berkumpulnya Desainer Produk Lokal

IGDS sendiri merupakan ajang yang ini bertujuan untuk mengajak para desainer lokal untuk menciptakan desain produk industri yang berkualitas, inovatif, serta berkarakter. Gati Wibawaningsih selaku Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin memberi keterangannya terkait acara ini. “Salah satu pemenangnya adalah PT Fin Komodo Teknologi yang berasal dari Cimahi, Jawa Barat, dengan menciptakan desain Fin Komodo KD 250 X,” ucap Gati.

Fin Komodo sendiri merupakan sebuah produk yang didesain oleh Ibnu Susilo dan berhasil membawa pulang pengahargaan. Kendaraan roda empat ini dirancang khusus untuk bisa melintasi medan yang terjal namun tetap dengan desain yang nyaman seperti layaknya mobil pada umumnya. Penghargaan tersebut adalah Grand Award IGDS 2020 dalam kategori Design Product. FIn Komodo berhasil mengalahkan peserta lain yang jumlahnya bahkan mencapai ratusan. 

Desain Produk Sangat Memengaruhi Selera Pasar

“Desain suatu produk benar-benar sangat memengaruhi selera pasar. Misalnya produk industri kalau sudah ada desainnya, tentunya pasti diikuti penggemarnya,” jelas Gati, dikutip dari situs resmi Kemenperin. Semenjak tahun 2018 silam, PT Fin Komodo telah memproduksi delapan mobil multipurpose Fin Komodo untuk pengguna dalam hingga luar negeri. Mobil ini memang diciptakan sengaja dengan menggabungkan teknologi pesawat terbang dan kendaraan darat. Suspensinya terasa lentur, ringan, dan lincah membuat mobil ini semakin diincar. Bobot mobil yang sekilas mirip Jeep terbuka ini hanya ternyata hanya 420 kilogram saja lho. 

Gati menambahkan, “Di level Asia, kalau produk kita sudah dilirik oleh acara-acara di luar negeri, berarti dia punya daya saing. Kalau sudah dapet penghargaan IGDS, daya saingnya pasti bisa lebih meningkat,”. Jika dibandingkan mobil outdoor lainnya, harga yang ditawarkan Fin Komodo cukup kompetitif. Harga per unitnya dibanderol hanya Rp110 juta. 

Menjadi Tonggak Desain Kendaraan Multiguna

Rudi Budiman yang merupakan Pengamat Desain Otomotif sekaligus Juri IGDS 2020, menilai Fin Komodo mampu menjadi tonggak desain kendaraan multipurpose di Indonesia. “Kehadirannya menjawab semua kebutuhan area rural dan sangat berpotensi untuk pengembangan desain yang lebih spesifik,” ujar Rudi.

Baca Juga Pengrajin Montessori Asal Kota Malang Ini Produknya Tembus Luar Negeri1

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button