Digital KreatifKabar Kreatif

Dukung Industri Digital dan Animasi, DITJEN IKM Kementrian Perindustrian Berikan Bantuan Alat Kepada Pelaku Kreatif Kota Malang

Penulis : Rossya Adha

INDIEKRAF – Disebut sebagai Kota Kreatif pada subsektor Aplikasi dan Game menjadi tanggung jawab yang besar untuk bersama-sama mengembangkan industri kreatif di Kota Malang ini.

Berkembang sejak tahun 2002 diawali dengan dibukanya berbagai jurusan teknologi informasi di beberapa perguruan tinggi di Kota Malang. Begitupula dengan tren perkembangan ranah digital yang cukup  pesat menjadikan Kota Malang sebagai wadah dalam ekosistem industri aplikasi dan game. Bahkan, kini perlahan-lahan Kota Malang mulai mengembangkan sayapnya dalam bidang animasi.

Pengarahan dari Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang dan Perangkat Peralatan yang diterima oleh Pelaku Kreatif Kota Malang

Melihat potensi dari sektor digital dan animasi di Kota Malang, Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang Drs. Subhan menyampaikan pentingnya kolaborasi dan konektifitas antar subsektor industri kreatif yang didukung oleh Malang Creative Fusion untuk bisa bersama sama juga dengan Pemerintah untuk bisa menghasilkan karya atau produk yang potensial sehingga ekosistem industri kreatif bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan roadmap yang disiapkan oleh tim dari Pemerintah Kota Malang.

Melihat adanya potensi dalam dunia IT dan Animasi di Kota Malang, Bapak Heru Subagjua selaku perwakilan dari DITJEN IKM Kementrian Perindustrian berkesempatan hadir dalam acara “Serah Terima Bantuan Peralatan” yang diadakan di Rumah MCF. Dalam wawancara, beliau mengatakan bahwa sudah menjadi tanggung jawab DITJEN IKM untuk terus menumbuhkan dan mengembangkan dalam bidang elektronik dan telematika atau yang biasa dikenal dengan animasi menginginkan adanya kemajuan dan kelanjutan.

Bapak Heru juga menerangkan bahwa IKM (Industri Kecil Menengah) memiliki program kerja yang bernama bintech atau bisa disebut dengan bimbingan teknologi. Selain pelatihan untuk perkembangan SDM ada pula fasilitas berupa bantuan alat-alat IT yang dibutuhkan untuk para developer dalam mengembangkan karya-karya mereka. Pemberian alat-alat IT bertujuan untuk meningkatkan animasi agar bisa semakin berkembang di Kota Malang.

Penerimaan Bantuan oleh Tim MITM dan MCF disaksikan oleh Kepala Dinas Perindustrian kota Malang

Dengan adanya bantuan berupa alat-alat IT diharapkan industri animasi dapat menjadi lebih maju, berkembang lebih luas, dan bisa menciptakan tenaga kerja industri agar bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Malang. Ketua Koordinator MCF, Bapak Vicky Arief juga menjelaskan teman-teman dari MCF, STASION – Komunitas Startup Singoedan Malang dan Forum Animasi Malang akan membantu dalam tahap program aktivasi mingguan untuk alat-alat IT agar secepatnya bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan.

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close