Desain InteriorDesain Komunikasi VisualDesain ProdukDigital KreatifFesyenIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku Kreatif

Dukung Industri Kreatif, Ridwan Kamil Totalitas Endorse Brand Lokal

Indiekraf.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengambil langkah tegas untuk ikut membantu sektor industri kreatif di Indonesia. Dalam hal ini, pria yang biasa disapa dengan nama Kang Emil tersebut benar-benar berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dalam upaya untuk mendukung industri kreatif, Ia melakukan kolaborasi dengan 22 brand lokal yang ada di Pulau Jawa untuk melahirkan edisi khusus.

Baca juga Ridwan Kamil Kenalkan Program Petani Milenial 4.0, Ini Penjelasanya!

Dikutip dari detik.com, Ridwan Kamil bahkan menyiapkan desain khusus untuk membantu brand lokal tersebut. “Ini peristiwa pertama di Indonesia di mana endorser seorang pejabat, mengendorse-nya itu bukan mempromosikan langsung. Tapi terlibat dalam proses produksi. Nanti ada produk lokal yang didesain khusus oleh Ridwan Kamil. Total ada 22 brand yang merasa punya chemistry sama saya,” jelasnya.

Ridwan Kamil menyatakan bahwa ternyata program tersebut diminiati oleh berbagai daerah. ”Karena sifatnya khusus, ternyata yang mau bukan hanya Jabar tapi saya membuka diri ada dari Jabar, Jateng, Jatim. Kami berharap ini menjadi contoh bagaimana pemimpin menolongnya dengan cara unik tidak harus bersifat (pemberian) modal. Bedanya saya punya basic desain karena berlatar belakang arsitek. Sehingga brand juga punya semangat yang klik,” katanya.

Baca juga 3 Maha Karya Arsitektur Ridwan Kamil di Luar Negeri

Ia menambahkan bahwa proses marketing dari endorsement ini nantinya uga akan melibatkan banyak pihak. “Jadi nanti semua teknik marketing akan kita maksimalkan baik postingan dari saya, ada influencer, selebriti yang mau dilaunching dalam bentuk lelang,” ucapnya.

Salah satu pemilik brand yang termasuk dalam program endorsement, Decky Sastra dari Rawtype Riot berharap bahwa dengan adanya program ini akan mampu melahirkan brand-brand lokal berkualitas. Sehingga, brand lokal mampu bersaing dengan brand dari luar negeri.

“Harapan saya, ke depanya lahir brand lokal kelas internasional yang di support oleh segmentasi lokal maupun internasional. Mungkin di project pertama ini Pak RK bisa menjadi prototipe agar merangsang tumbuhnya brand lokal di Indonesia yang mempunyai potensi bersaing dengan brand internasional,” ujarnya.

Referensi

[1] Kolaborasi dengan 22 Brand Lokal, Ridwan Kamil Siapkan Desain Khusus

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button