Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota Kreatif

Ridwan Kamil Kenalkan Program Petani Milenial 4.0, Ini Penjelasanya!

Indiekraf.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat baru saja merilis program baru bernama Petani Milenial. Seperti yang diketahui, minat para pemuda saat ini untuk menjadi seorang petani masih sangat minim. Hal ini mungkin dikarenakan presepsi memiliki profesi sebagai petani masih belum terlihat menarik di mata generasi muda.

Dikutip dari website resminya, program Petani Milenial memiliki cita-cita untuk mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian Jawa Barat yang memiliki inovasi, gagasan, dan kreativitas. Melalui pemanfaatan teknologi digital, program ini akan menggerakkan kewirausahaan bidang agrikultur yang menjadikan wajah pertanian menjadi lebih segar dan atraktif untuk bisa berkelanjutan.

Baca juga Ridwan Kamil Masuk Daftar 50 Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Program ini perlu dilakukan karena bidang pertanian merupakan penyumbang ekonomi terbesar nomor 3 di Jawa Barat. Namun sayangnya, masih banyak anak muda yang tidak ingin memiliki profesi sebagai petani. Jika tidak ada regenerasi, ditakutkan keadaan ekonomi di sektor pertanian akan menurun. Oleh karena itu, pihak Pemprov Jawa Barat terus menyosialisasikan program ini kepada generasi muda.

Dukungan pun langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dalam akun Twitter pribadinya @ridwankamil, Ia mengajak secara langsung kepada anak muda Jawa Barat untuk bergabung dalam program baru tersebut. “Pemuda-pemudi Jawa Barat, yang pada mau meraih kemuliaan hidup dengan berikhtiar menjadi PETANI MILENIAL 4.0, silakan daftar mulai hari ini di website ini atau masuk ke PIKOBAR. Karena tahap 1 ini terbatas, tentunya akan ada proses seleksi,” tulisnya.

Tampilan Website Petani Digital (Gambar via petanimilenial.jabarprov.go.id)
Tampilan Website Petani Digital (Gambar via petanimilenial.jabarprov.go.id)

Baca juga 3 Maha Karya Arsitektur Ridwan Kamil di Luar Negeri

“Untuk informasi program Petani Milenial dan registrasi calon petani milenial bisa dilakukan di alamat: http://petanimilenial.jabarprov.go.id Selain itu, registrasi juga bisa diakses melalui aplikasi pikobar. Silakan follow @PetaniMilJabar untuk tanya jawab,” tambahnya.
Bisa dibilang ini adalah program yang tepat untuk membantu meningkatkan minat pemuda agar mau menjadi seorang petani.

Terdapat tujuh poin kegiatan utama yang akan dilakukan pada program Petani Milenial, antara lain adalah Inventarisasi Potensi Lahan, Inventarisasi Peluang Pasar, Penentuan Komoditas Pertanian, Pendataan Petani Milenial, Pengembangan Kapasitas Petani Milenial, Pemberian Bantuan Benih (Bibit, Pupuk, Pestisida, dan Peralatan), dan Pemberian Fasilitasi Pembiayaan serta Pemasaran Produk.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Articles