Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifMusik

Facebook Rilis Aplikasi Baru Bernama Collab, Saingi TikTok?

Indiekraf.com – Facebook dikabarkan telah resmi merilis aplikasi baru mereka yang bernama Collab. Sebelumnya, aplikasi tersebut telah diluncurkan pertama kali pada bulan Mei untuk versi beta. Akankah aplikasi ini mampu bersaing dengan kepopuleran TikTok?

Seperti yang di ketahui, TikTok saat ini masih menjadi salah satu aplikasi populer di dunia. Para penggunanya dapat membuat video berdurasi pendek dan menambahkan musik background yang telah disediakan. Selain itu, aplikasi asal negeri China tersebut juga menyediakan berbagai macam fitur editing menarik yang bisa digunakan secara mudah.

Baca juga Heboh! Facebook Ciptakan Mata Uang Baru

Facebook berusaha untuk menyeimbangi pasar aplikasi video pendek dengan membuat Collab. Dengan menggunakan aplikasi ini, para penggunanya mampu membuat video musik pendek yang mampu digabungkan dengan 3 video sekaligus. Aplikasi pembuatan musik eksperimental ini memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk berkolaborasi di dalam satu video yang utuh. Untuk kamu yang berprofesi sebagai musisi, aplikasi ini mungkin akan sangat cocok untuk kamu manfaatkan.

Video tersebut kemudian bisa diupload di feed Collab yang nantinya bisa ditonton oleh masyarakat umum. Selain itu, kamu juga bisa membuat video pribadi lalu menggabungkanya dengan dua video yang kamu temukan di feed orang lain. Atau kamu dapat menggabungkan beberapa video orang lain menjadi satu video yang seru. Facebook menjamin setiap pengguna akan mendapatkan kredit dengan benar atas kontribusi dari karya mereka.

Baca juga Keren! Jakarta Fashion Week 2021 Akan Bisa Dinikmati Lewat TikTok

Seperti halnya TikTok, Collab juga memiliki beberapa fitur yang mampu menyinkronkan antara beberapa video sekaligus dengan mudah. Mereka memastikan bahwa proses menggabungkan 3 video menjadi satu akan menjadi lebih mudah dan seru. Aplikasi ini masih belum terintergrasi langsung dengan Facebook. Namun, kamu bisa mengekspor hasil video kamu ke Instagram dan platform lain, termasuk TikTok.

Collab bisa di download secara gratis di App Store. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut apakah aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store untuk masyarakat yang menggunakan Android.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Facebook launches its Collab music app to the public

Related Articles