Acara KreatifDesain Komunikasi VisualFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifSeni Pertunjukan

Festival Film Sundance Cetak Sejarah Baru Lewat Acara Virtual

Indiekraf.com – Meski digelar secara virtual, Festival Film Sundance berhasil mencetak sejarah baru. Acara ini berhasil mendapatkan jumlah penonton yang sangat besar meskipun tidak dilangsungkan seperti saat sebelum pandemi. Seperti apa keseruan dari acara ini?

Salah satu pemenang dalam Festival Film Sundance (Foto via @sundancefest)
Salah satu pemenang dalam Festival Film Sundance (Foto via @sundancefest)

Jumlah Penonton Festival Film Sundance Meningkat Tajam

Pandemi COVID-19 membuat festival film ternama ini terpaksa diselenggarakan secara virtual. Meski begitu, jumlah penonton yang hadir di acara ini justru lebih banyak dibandingkan dengan festival film Sundance sebelumnya. Hal itu dibeberkan oleh pihak penyelenggara festival bahwa tahun ini penontonnya meningkat hingga 2,7 kali lebih banyak dibanding pagelaran sebelumnya.

Lewat angka tersebut, lahirlah sejarah baru dimana penonton festival film di masa pandemi justru semakin meningkat. Pandemi memaksa masyarakat dunia untuk membatasi kontak fisik terutama dalam keadaan ramai. Hal ini berdampak pada acara seperti festival film mau tak mau harus diselenggarakan secara daring.

Antusiasme Penonton yang Tak Terduga

Pihak penyelenggara festival sendiri awalnya tak menyangka bahwa antusiasme penonton akan sebesar ini. Bukan tanpa sebab, festival film Sundance tahun ini pun mengalami penurunan jumlah karya yang ditayangkan. Pada pagelaran sebelumnya, festival film ini bisa menayangkan sekitar 120 film. Akan tetapi, di tahun ini jumlah tersebut merosot hingga tersisa 73 film yang bisa ditayangkan.
Festival Film Bisa Ditonton di 120 Negara.

Lewat acara yang digelar secara virtual ini, semakin banyak pula penonton yang bisa menikmatinya. Teknologi membuat masyarakat dunia bisa dengan mudah menjangkau pagelaran ini. Festival film ini pun berhasil dinikmati oleh masyarakat di sekitar 120 negara di dunia.

Dikutip dari Variety, Keri Putnam selaku CEO Sundance Institute memberikan keterangannya. “Sangat mengejutkan melihat betapa penonton dari berbagai wilayah menikmati program kami, dan tentu kami senang dapat mencapai tujuan kami untuk menjangkau komunitas film independen di tahun yang sulit ini,” jelasnya. Ia juga merasa terinspirasi oleh tim Sundance yang sudah bekerja keras dalam menjawab tantangan di masa pandemi. Berkat timnya, acara festival ini bisa dinikmati dengan cara yang baru bahkan bisa mencetak sejarah penonton terbanyak.

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button