fbpx
Acara KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar Kreatif

Film Perempuan Tanah Jahanam Berhasil Memecahkan Rekor Sekaligus Wakili Indonesia di Oscar 2021

Indiekraf.com – Kabar gembira datang dari dunia perfilman dalam negeri. Film Perempuan Tanah Jahanam karya Joko Anwar resmi mewakili Indonesia di event Oscar 2021. Film horor tersebut akan bersaing merebutkan salah satu penghargaan bergengsi di dunia dalam kategori Best International Feature Film.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia, Garin Nugroho menyatakan bahwa film tersebut memiliki nilai-nilai lokal yang mampu memberikan gambaran tentang budaya yang ada di Indonesia. “Dalam film ini ada yang menarik. Mulai dari unsur-unsur yang telah teruji, hingga latar belakang budaya terkait mistisme di Indonesia juga menjadi swadaya kuat dari film ini,” ujarnya.

Baca juga Joe Taslim Melebarkan Sayap di Industri Perfilman Korea Selatan

Film karya Joko Anwar tersebut dianggap telah lolos penilaian sesuai dengan pedoman yang ada. “Sesuai pedoman Komite Seleksi Oscar di Indonesia dan regulasi Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), setelah dilakukan penilaian, komite menetapkan film berjudul ‘Perempuan Tanah Jahanam’ menjadi wakil Indonesia sebagai film pilihan di kategori International Feature Film,” kata Garin Nugroho.

Garin juga berpendapat jika banyak negara di dunia yang memilih film horor sebagai perwakilan resmi negara mereka di ajang Academy Awards. Salah satunya adalah Malaysia yang memilih film Roh untuk untuk mewakili mereka di Oscar 2021.

Baca juga Raya and the Last Dragon, Film Animasi Disney Terinspirasi Cerita Mitos Indonesia

Sebelumnya, Joko Anwar menyatakan melalui instagram pribadinya bahwa film Perempuan Tanah Jahanam telah memecahkan rekor sebagai penerima nominasi terbanyak sepanjang sejarah FFI. Film tersebut telah berhasil masuk ke dalam 17 nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2020. Adapun nominasi yang diterima meliputi Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Penulis Skenario Cerita Asli Terbaik, dan masih banyak lagi.

“Terima kasih rekam-rekan asosiasi film Indonesia yang telah memberikan 17 nominasi Piala Citra untuk PEREMPUAN TANAH JAHANAM (IMPETIGORE) di Festival Film Indonesia 2020. Perempuan Tanah Jahanam memecahkan rekor nominasi terbanyak sepanjang sejarah FFI. Terima kasih banyak!,” tulis Joko Anwar.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Perempuan Tanah Jahanam Jadi Wakil Indonesia ke Oscar 2021
[2] Joko Anwar Sebut Film Perempuan Tanah Jahanam Pemecah Rekor Sejarah FFI dengan 17 Nominasi

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button