Industri KreatifInsightKabar Kreatif

Fitur Baru iPhone 12 Pro Memungkinan Tunanetra Bisa ‘Melihat’ Keadaan Sekitar

Indiekraf.com – Definisi smartphone yang tepat mungkin bisa dilihat dari produk buatan Apple. Tak hanya membuat smartphone yang berkualitas, namun Apple juga memperhatikan dampak sosial yang luar biasa. Melalui iPhone 12 Pro, Apple telah berhasil mengembangkan sebuah fitur yang memungkinkan penyandang tunanetra untuk ‘melihat’ orang lain yang ada di sekitar mereka.

Apple menyebutnya dengan fitur People Detection (pendeteksi orang). Fitur ini menggunakan sensor lidar yang akan memberitahukan pengguna iPhone tentang seberapa dekat orang lain yang ada di sekitarnya. People Detection ini bisa dinikmati oleh para pengguna iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPad Pro. Ketiga produk ini telah dibekali dengan sensor lidar yang dipasang di bsisi belakang produk.

Baca juga Apple Berencana Luncukan Mesin Pencari Sendiri, Apa Kabar Google?

Lidar adalah jenis depth sensor yang membantu aplikasi augmented reality dan juga berfungsi sebagai mata di mobil yang dapat mengemudi sendiri (self-driving cars). Sekarang, Apple menerapkannya pada produk mereka sebagai upaya untuk membantu orang yang memiliki masalah penglihatan dalam menavigasi dunia di sekitar mereka dengan lebih baik.

Fitur ini bisa sangat bermanfaat bagi sebagian kalangan masyarakat. Seseorang yang mengalami gangguan penglihatan atau tunanetra dapat menggunakan fitur ini untuk mengetahui seberapa dekat Ia dengan orang lain ketika berjalan di trotoar. Dengan begitu, fitur ini akan mampu menghindarkan mereka dari bertabrakan atau hal yang tidak diingkan lainya.

Baca juga Resmi Diumumkan, Ini Daftar Pemenang Apple Design Awards 2020

Fitur People Detection ini bahkan mampu mendeteksi orang lain dari jarak hingga 5 meter. Ketika fitur ini diaktifkan, maka siapa pun orang yang berada di depan kamera iPhone tersebut akan terdeteksi. Jika didepan pengguna terdapat banyak orang, maka sensor yang ada di iPhone ini akan memberikan informasi tentang jarak orang yang paling dekat dari pengguna.

Teknologi ini akan tersedia di iOS 14.2 yang akan segera dirilis oleh Apple beberapa minggu mendatang. Namun sebelumnya, Apple telah merilis versi beta dari perangkat lunak tersebut untuk para developers pada hari Jum’at lalu.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] iPhone 12 Pro lets people who are blind ‘see’ others around them

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button