Acara KreatifAplikasi Digital dan Game

Game Developer Jatim Ajak Para Game Developer di Malang Terinspirasi Buat Game Profesional

Event Game Developer Jawa Timur Luring Diselenggarakan di IndigoSpace Malang pada Selasa, 28 Juni 2022

Indiekraf.com – Berbicara terkait perkembangan teknologi di Indonesia, tentunya sangat berkaitan juga dengan perkembangan dunia hiburan, salah satunya yaitu game. Perkembangan game saat ini terus mengalami peningkatan yang signifikan. Setiap harinya, banyak sekali bermunculan game game baru yang sangat menarik dan variatif.

Berdasarkan kondisi tersebut, IndigoSpace Malang kini menggelar acara Community Gathering Game Developer Jawa Timur. Community Gathering kali ini difokuskan untuk sharing session bagi seluruh game developer yang ada di wilayah Jawa Timur, khususnya dalam membahas “Post Mortem Game”. Dalam acara yang diselenggarakan secara offline ini, peserta akan memiliki kesempatan untuk saling belajar dan berbagi pengalaman dengan game developer lainnya.  Diharapkan setelah acara ini usai, para peserta dapat mengambil pengetahuan sebanyak mungkin dan menerapkannya dengan baik.

Community Gathering kali ini mendatangkan panelist yang tentunya sangat menarik dan berkompeten dalam bidangnya. Panelist pertama yaitu Ilham Hasymi Effendi (Clay Game Studio). Clay Game Studio didirikan pada tahun 2014 dan telah meluncurkan beberapa game seperti Monster Farm, Starving Monster, Kimor Run, Space Hunter, dan Fix it Franky.  Selain itu terdapat juga 2 panelist yaitu Dalih Sugih P. S (Satriver Studio) dan Mocha (Simpleton Studio).

Satriver Studio merupakan game studio yang berfokus pada game development dan animation yang didirikan pada tahun 2014. Sedangkan, untuk Simpleton Studio sendiri berdiri tahun 2013 dan dibentuk ketika tim foundernya masih duduk di bangku perkuliahan. Berawal dari mengikuti lomba game, kini Simpleton Studio telah 7 tahun berjalan. 

Event Comgeth Game Dev Jatim di IndigoSpace Malang
Event Comgeth Game Dev Jatim di IndigoSpace Malang

Post Mortem Game menurut ketiga panelist adalah sebuah experience setelah perilisan sebuah game. Experience yang dimaksud adalah hal hal apa yang nantinya perlu dihindari dan perlu diterapkan dalam perilisan game. Dengan kata lain, Post Mortem Game merupakan proses pengkajian lebih lanjut terkait game setelah proses perilisan.

Awal acara Community Gathering ini dimulai dengan ketiga panelist memperlihatkan game yang sudah dirancang dan tentunya akan segera dirilis. Para panelist menceritakan awal mula terciptanya game game yang mereka buat. Selain pra produksi, mereka juga menjelaskan hal yang menjadi kendala saat munculnya game tersebut. Game tersebut diantaranya yaitu Paw Paw Paw, Crazy Another Rumble, dan Faerie Afterlight.

Kegiatan Community Gathering Game Developer kali ini berjalan dengan lancar. Tentunya acara ini tidak berjalan sampai disini saja, masih banyak hal yang akan dibahas khususnya dalam industri game dan startup lainnya. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait hal tersebut, follow us Instagram @indigospace.malang for more!

Baca Juga :

Penulis : Ajeng Meylani

 

Related Articles