Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar KreatifMbois MediaPelaku Kreatif

Game Khuga Bash Asal Malang Sudah Ada di Steam! Yuk Mainkan Sekarang!

Indiekraf.com – Industri game di Malang sedang naik daun! Salah satu game rilisan studio dari Malang, Khuga Labs, baru saja meluncurkan game bertajuk Khuga Bash di Steam pada Jumat, 17 Mei 2024 lalu.

Game bergenre arcade action dengan konsep mirip game whack-a-mole ini sebelumnya telah hadir dalam bentuk cerita “Khuga”, dimana terdapat 5 kucing petarung di universe bernama Khugaverse. Nah, game Khuga Bash ini mengambil salah satu karakter dari kelima kucing tersebut yang bernama Kuro.

Kuro adalah seorang kucing tipe brawler yang sedang menjalani fight trial di PAW Labs. Dalam game ini ia harus mengalahkan berbagai bos dan melewati tantangan-tantangan yang ada, pastinya kamu sebagai pemain harus menjaga Kuro agar jangan sampai kalah.

Khuga Bash
Khuga Bash (Sumber: Khuga Bash on Steam)

Berdasarkan penuturan Gilang Gitarana, CEO dari Khuga Labs, Khuga Labs telah memiliki Intellectual Property (IP) dalam bentuk cerita Khuga tadi, yang mana awalnya memang didesain untuk menjadi video game, maka dari itu game Khuga Bash lahir.

“Cerita awalnya itu dari IP Khuga-nya, di tahun 2022 kami mulai start untuk bikin IP kami sendiri Khuga, cerita tentang 5 Kucing petarung, kemudian di tahun 2023 kami mulai ngenalin IP Khuga ini lewat NFT Collection, yang kami rilis Januari tahun lalu,” jelas Gilang.

Karakter Khuga
Karakter-karakter dalam Khugaverse (Sumber: KhugaNFT on X)

“Kemudian dari sana kami mulai punya banyak fans dari para pemilik NFT kami yang akhirnya jadi komunitas. Selama setahun kami rilis beberapa produk digital seperti Platform, Web mini game, contest, gamification event, dan dari sana komunitas dan IP kami makin banyak dikenal. Tujuan bikin game adalah untuk sebagai media agar IP kami lebih dikenal oleh banyak orang. Selain itu juga sebagai sumber revenue tambahan untuk studio kami tentunya. Tujuan kami cukup jelas, kami ingin menambah audience kami salah satunya adalah para gamer, karena Khuga memang dari awal sudah didesain untuk menjadi sebuah video game,” lanjut Gilang saat dihubungi lewat WhatsApp (17/5/2024).

Spill sedikit, Gilang juga menyatakan bahwa di tahun 2024 Khuga Labs akan merilis 1 game selain Khuga Bash, yaitu Khuga Rumble Arena! Untuk waktu rilisnya kapan, kita tunggu kabar selanjutnya saja ya!

Selain itu Gilang juga menerangkan bahwa selain dirilis di Steam, Khuga Bash juga akan dirilis di platform lain yaitu Gaimin dan akan rilis versi mobile juga. Kabar menakjubkannya, Khuga Bash sebelumnya sudah pernah dibawa versi demonya di Gamescom Asia 2023 di Singapore! Di tahun 2024 ini, Khuga Bash telah rilis di Steam versi penuh dengan fase early access.

Screenshot of Khuga Bash on Steam
Screenshot Khuga Bash on Steam

“Iya game baru, tapi sudah sempat kami bawa demonya di gamescom asia 2023 di Singapore tahun lalu. Khuga Bash ini di Steam versi full tapi early access, jadi bisa main full experience tapi in the future bakal ada update fitur-fitur baru yang jelas akan bikin game-nya lebih seru,” jelas Gilang.

Khuga Bash tidak hanya menyajikan hiburan, tetapi juga sebagai bentuk karya anak bangsa yang patut dibanggakan. Apalagi Khuga Labs telah memiliki IP sendiri, Khuga, yang mana hal ini merupakan sebuah karya yang bisa terus bertahan jika dikembangkan. Sesuai dengan harapan Gilang, ia ingin terus mengembangkan IP Khuga agar bisa dikenal lebih luas.

“Utamanya adalah kita bisa ngembangin IP Khuga bisa dikenal lebih luas, karena menurut kami IP itu adalah suatu karya yang akan long lasting kalo kita bisa mengembangkannya, dan yang kedua adalah kami ingin terus bisa membuat game yang bagus, scale up tim kami secara bisnis membuat studio kami menjadi studio yang established dan bisa bertahan di waktu yang lama,” tutup Gilang.

Buat kamu yang tertarik main Khuga Bash dan mau terus dukung game lokal dari Malang, yuk akses dan mainkan di sini sekarang juga!

Baca Juga:

Yey, Game dari Malang Faerie Afterlight Resmi Release di Steam dan Nintendo Switch Hari ini!
Game Dev Malang (GDM) Jadi Komunitas Pertama Pengguna IndigoSpace Malang
DADOO Akhirnya Resmi Rilis di Steam, Yuk Mainkan Sekarang!
Asyik! Indigo Bikin Game Clinic Sekaligus Playtest, Peserta Bisa Langsung Coba 12 Game Buatan Arek Malang!
Rame! Komunitas Hadirkan Expert dari Unreal Engine di Malang Creative Center dihadiri 100 Animator & Game Developer

Show More

Related Articles