Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Acara KreatifAplikasi Digital dan GameInsightMbois MediaPelaku Kreatif

Asyik! Indigo Bikin Game Clinic Sekaligus Playtest, Peserta Bisa Langsung Coba 12 Game Buatan Arek Malang!

Indiekraf.com – Industri game di Malang tak habis-habisnya berinovasi. Indigo dan Komunitas Game Dev Malang (GDM) telah berhasil mengadakan event Playtest yang bersamaan dengan Game Clinic pada Rabu, 8 Mei 2024, kemarin. Event Playtest yang dilaksanakan di IndigoSpace Malang ini menghadirkan 12 game yang dapat diuji coba mainkan!

Asyiknya, 12 game tersebut bebas diuji coba mainkan dan serunya bisa saling kasih feedback dan saran untuk pengembangan game tersebut! Sebelum bahas lebih jauh, simak dulu Playtest itu sebenarnya apa dan game apa saja yang diujicobakan di event Playtest kali ini.

Playtest Itu Apa Sih? 

Playtest adalah sebuah tahap dalam pengembangan game dimana game yang sudah dirancang akan diuji coba mainkan oleh user. Biasanya game yang diujicobakan adalah bentuk prototype atau game versi awalnya saja. Kemudian nantinya user diharapkan untuk memberikan feedback dari permainan game tersebut. Tujuannya adalah supaya game developer mendapatkan feedback langsung dari user, mulai dari segi grafis, experience, dinamika, kesulitan bermain game, dan lainnya. Sehingga para game developer akan dapat mengembangkan game yang dirancangnya menjadi lebih optimal dan berkualitas.

Momen Playtest (Dokumentasi Indiekraf)

Baca Juga:

Aplikasi Buatan Arek Malang, Takeaway Aja, Bisa Bantu UMKM Jadi Lebih Berkembang
Jangan Khawatir, Penggemar Game Bisa Jadi Konten Kreator Melalui Program Inkubasi Dari MainGames
GDM Tempat Berkumpulnya Developer Gim Kece dari Malang

Ada 12 Game yang Diujicobakan di Event Playtest GDM! 

Dalam event Playtest kali ini, GDM menyajikan 12 game yang dapat dicoba langsung oleh user. 12 game tersebut adalah sebagai berikut:

Nightwatch at The Gallery oleh Muhammad Ali Zulfikar (alizul01 @ instagram)

Game ini adalah game bergenre horor dengan waktu 15 menit per permainan. Konsepnya adalah game first-person yang berperan sebagai seorang penjaga galeri seni. Ada to-do-list yang harus dilakukan dan tiap keputusan yang dibuat akan memengaruhi jalannya game.

INTERCONNECTED oleh Firza Muhammad (drsfr._ dan _frzmhmmd @ instagram)

Game ini adalah game multiplayer dengan konsep 2 pemain yang harus membersihkan sampah. Tantangannya adalah kedua pemain harus bekerja sama dan tidak boleh berjauhan untuk mengumpulkan sampah karena sampah akan berserakan lagi jika pemain berjauhan, kemudian pemain harus mengangkutnya ke tempat pembuangan sampah. Game ini memiliki beberapa level dan tingkat kesulitan game akan bertambah dengan berbagai obstacle di tiap levelnya.

Mocchi Mitten (mocchimitten @ instagram)

Konsep game ini adalah membuat nyamuk tetap berada di kegelapan dengan cara mengetuknya untuk menghindari kucing yang tidur. Tantangannya adalah harus menjaga nyamuk tetap berada di kegelapan walaupun melewati cahaya lampu. Jika kucing terbangun dan melihat nyamuk di cahaya lampu, maka game akan gagal. Infonya, game ini juga dirancang oleh anak kelas 5 SD dan sempat dapat penghargaan di Global Game Jam Malang (GGJM) 2024!

Selain 3 game tersebut, ada game-game lain yang juga tak kalah seru untuk dicoba!

Magic Spell oleh Lets Play Studio, Baro Island oleh Satriver Games Studio, Giggles and Gold oleh _phi.bi_ (instagram), Core Aether oleh MOT Studio yang juga membawa game horor dengan VR yang makin kerasa nyata horornya! Ada juga Animal Paper RPG oleh rhaka_rahmaddani (instagram), Synestune oleh Wahyu Khoirul Wildan dari Roukie Studio, Declutter oleh Shakira Nazwa Nafisha (shkir_zzz dan ini.kira_dp (instagram)), dua game dari studio Klapanome, Valz dan Sundriver, dan juga Dadoo dari Algorocks.

Berikut dokumentasi beberapa game yang diujicobakan:

Lebih dari 50 Peserta Ikutan Uji Coba Playtest Game Baru

Event Playtest yang diadakan oleh komunitas GDM kali ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta. Dalam kesempatan ini lebih dari 50 peserta tersebut telah mencoba memainkan berbagai game yang tersedia. Serunya, selain bisa main juga bisa memberikan feedback untuk game developer! Ini adalah momen eksklusif dimana para game developer dan user bisa langsung berinteraksi untuk mengembangkan game menjadi lebih optimal.

Dengan demikian event Playtest yang diadakan GDM ini tidak hanya menjadi platform para pegiat game saling berinteraksi, tetapi juga menjadi ajang yang dapat mengeratkan hubungan antara game developer dengan user. Sehingga nantinya tiap feedback dan interaksi yang muncul tak hanya berfungsi untuk mengembangkan produk game, tetapi juga sebagai cara membangun komunitas yang lebih solid. Terus ikut pantengin instagram resmi GDM supaya tau event Playtest selanjutnya atau event-event terkait game lainnya.

Baca Juga:

PUBG x Gojek Bikin Item Eksklusif Bernuansa ‘Ojol’
Aplikasi Buatan Arek Malang, Takeaway Aja, Bisa Bantu UMKM Jadi Lebih Berkembang

Show More

Related Articles