Desain ProdukIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Gatotkaca Sekarang Ada Versi Helmnya, Bisa Buat Ukur Suhu Tubuh lho!

Indiekraf.com – Di tengah masa pandemi, ternyata masih banyak pelaku kreatif yang memiliki imajinasi tak terbatas. Seperti contohnya Rumah Sakit Islam Banjarnegara yang bekerja sama dengan pihak kepolisian resor setempat untuk membuat inovasi menarik. Mereka membuat inovasi berupa cara pengukuran suhu tubuh secara otomatis.

Kedua pihak bekerja sama dengan membuat sebuah perangkat dengan nama Helm Gatotkaca Thermal. Helm unik ini pun memiliki fungsi yang tak kalah menarik dari namanya, yaitu untuk mengukur suhu tubuh dalam bentuk helm. Sungguh sebuah bentuk pengukur suhu yang tak biasa, ya.

Tentu kita semua tahu bahwa kini mengukur suhu tubuh adalah hal penting sebagai salah satu langkah protokol kesehatan. Hampir seluruh tempat, terutama tempat yang memiliki kemungkinan berkumpulnya banyak orang, akan dilakukan cek suhu tubuh. Banyak tempat yang saat ini masih melakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan alat seperti thermo-gun.

Baca Juga Dekranasda Fair 2019, Ajang Pelaku UMKM Pamerkan Produk Lokal Unggulan Kota Malang

Cara kerja yang tak jauh berbeda dari thermo gun juga diterapkan di Helm Gatotkaca Thermal ini. Akan tetapi, karena bentuknya yang sudah siap dipakai di kepala, maka Helm ini menjadi alat yang cukup praktis untuk mengecek suhu tubuh seseorang. Di bagian depan kaca helm, nantinya akan tertera suhu tubuh si pemakai. Dengan begitu, kaca helm tersebut akan berfungsi sebagai layar. 

Nama helm ini, Gatotkaca, diambil dari nama tokoh pewayangan yang sudah terkenal di Tanah Air. Kesaktian Gatotkaca seakan digambarkan di perangkat unik ini. Selain itu, helm ini juga berbentuk mirip dengan mahkota Gatotkaca. Selain desainnya yang unik, ternyata perangkat ini dibuat tak main-main. Helm ini juga dilengkapi dengan perangkat sensor suhu yang bisa terhubung ke perangkat smartphone.

Di Polres Banjarnegara sendiri helm ini sudha digunakan di seluruh unit Polres, khususnya pada bagian pelayanan publik yang ramai dikunjungi masyarakat. Layanan tersebut melayani seperti Urusan Kesehatan, pembuatan SKCK, Unit Sabhara dan lainnya.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button