Industri KreatifKabar KreatifKota KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Geopark Belitung Raih Skor Tinggi dan Segera Diakui UNESCO

Indiekraf.com – Salah satu destinasi wisata di Kepulauan Bangka Belitung kini membawa kabar baik. Geopark Belitung digadang akan segera mendapat status dari UNESCO. Kabarnya Geopark Belitung mendapat nilai yang cukup tinggi dalam ujian akhir diang konsel dari UNESCO Global Park.

Kunjungan Menteri Kemenparekraf RI ke Geopark Belitung
Sumber : babelprov.go.id

Geopark Belitung Meraih Nilai Tertinggi di Indonesia

Destinasi wisata di Bangka Belitung ini dikabarkan mendapat skor 850 dimana nilai tersebut merupakan nilai tertinggi yang pernah didapatkan Indonesia. Ujian akhir sidang konsel dari UNESCO Global Geopark ini diselenggarakan pada 8 Desember 2020 silam. Skor yang sangat tinggi ini menjadi hasil dari kerja keras Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung. 

Di bawah pemerintahan Gubernur Erzaldi, kini Bangka Belitung mulai mewujudkan banyak cita-cita baik salah satunya adalah pengakuan dari UNESCO. Tak hanya itu, saat ini banyak juga masyarakat Indonesia yang sudah mulai menyadari keberadaan Geopark Belitung ini. Sayangnya, pandemi masih membuat masyarakat segan untuk bepergian jauh dalam rangka liburan.

Adanya Kunjungan dari Menteri Kemenparekraf RI

Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI belum lama ini berkunjung ke Bangka Belitung. Dikutip dari Babelprov, Sandiaga memberikan keterangannya terkait pengembangan destinasi ini. “Hal ini menambah keyakinan kita bahwa Belitung memiliki sesuatu yang luar biasa. Ini destinasi incaran domestik dan mancanegara. Jadi, sudah seharusnya pariwisata lebih terdukung oleh adanya Geopark Belitong sehingga peluang pasar ekonomi kreatif lebih terbuka,” jelas Sandiaga.

Dikonfirmasi oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung

Erzaldi Rosman Djohan selaku Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pun turut membenarkan adanya kabar baik ini. Pada pertemuannya bersama Menteri Kemenparekraf RI, ia menyampaikan rasa syukurnya. “Saya bangga dengan tim persiapan Geopark Belitong. Ini sudah final dan tinggal di clearkan saja hingga sertifikat tersebut dapat kita terima pada bulan April mendatang,” jelas Erzaldi di Eco Beach, Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, pada Sabtu (7/2/21).

Selain itu, terkait nilai tinggi yang didapatkan oleh Geopark Belitung, Erzaldi semakin bersemangat untuk mengenalkan lokasi wisata ini ke khalayak ramai. “Dari nilai itu sudah dapat dipastikan bahwa Belitung lolos. Apalagi Belitung sudah dinyatakan lulus oleh sidang konsel. Jadi, nanti di bulan April jika tidak ada perubahan jadwal, akan segera dikukuhkan atau disahkan atau ketok palu untuk Belitung Geopark UNESCO,” ungkapnya.

Baca Juga Keren! Bandung Resmi Menjadi Bagian Dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button