Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar Kreatif

Google Meet Segera Rilis ‘Mega Update’ Terbaru Bulan Depan, Apa Itu?

Indiekraf.com – Google Meet akan segera memperbarui desain UI (User Interface) mereka di bulan depan untuk pengguna desktop dan laptop. Pembaruan tersebut akan menyempurnakan fitur video feeds, tampilan saat melihat atau mempresentasikan rapat, dan fitur navigasi. Beberapa perubahan tersebut dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dari pesaingnya yaitu Zoom dan Microsoft.

Jika kamu bosan melihat wajah kamu sendiri selama panggilan atau meeting berlangsung, kedepanya kamu akan segera dapat meminimalkan atau menyembunyikannya. Opsi baru juga akan mencakup kemampuan untuk mengubah posisi video kamu sendiri saat rapat, atau kamu dapat menampilkan gambar yang bisa diubah ukurannya dan diposisikan ulang.

Baca juga Perbandingan Fitur Google Classroom dengan Edmodo

Jika kamu sedang sibuk memberikan presentasi, Google Meet juga akan meningkatkan fitur untuk melakukan cara pin dan melepas pin layar presentasi yang kamu sampaikan. Kamu akan bisa melepas pin presentasi dengan cepat, dan ukurannya akan berubah menjadi ukuran yang sama dengan peserta lain. Sehingga, kamu akan dapat melihat lebih banyak orang yang sedang bergabung melihat presentasi yang kamu sampaikan. Dalam beberapa bulan mendatang, Google Meet juga akan mengizinkan peserta memasang beberapa pin video selama panggilan.

Fitur pengatur pencahayaan dari Google Meet (Gambar via Google)
Fitur pengatur pencahayaan dari Google Meet (Gambar via Google)

Baca juga Aplikasi Zoom Rilis Fitur Baru Untuk Mengusir Zoombombing

Salah satu perbaruan fitur yang paling berguna adalah peningkatan tombol bawah rapat untuk menempatkan semua kontrol di satu tempat. Hal ini berarti semua obrolan, lampiran, dan daftar peserta semuanya ada di bagian bawah, sehingga ada lebih banyak ruang untuk melihat orang dan apa pun yang ditampilkan selama rapat atau panggilan berlangsung. Google Meet juga akan menjauhkan tombol ‘akhiri panggilan’ dari kamera dan tombol ‘mikrofon’, sehingga kamu tidak akan meninggalkan panggilan secara tidak sengaja lagi.

Bersamaan dengan peningkatan desain UI ini, Google Meet juga akan meningkatkan fitur pencahayaan ketika melakukan panggilan. Fitur ini akan menyesuaikan video webcam kamu secara otomatis agar kamu bisa lebih terlihat ketika kamu berada di ruangan gelap. Fitur ini juga akan menyesuaikan pencahayaan ketika kamu berada di tempat yang terlalu terang atau back light. Fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna Google Meet di web dalam beberapa minggu mendatang.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Google Meet is getting a UI refresh next month with smarter meeting features

Related Articles